Menikmati Keseruan Bermain Ski di Snow City Singapura

Anwar Sadat Guna    •    Sabtu, 03 Dec 2016 15:24 WIB
pariwisata
Menikmati Keseruan Bermain Ski di Snow City Singapura
Pengunjung bermain seluncuran dan snowboarding di Snow City Singapura, Jumat (2/11/2016). Foto-foto: Metrotvnews.com/Anwar

Metrotvnews.com, Batam: Mendengar kata Snow City di Singapura mungkin tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Ya, Snow City adalah tempat liburan bagi anda dan keluarga yang ingin menikmati suasana kota salju layaknya di negara-negara Eropa. 

Menjelang akhir tahun dan liburan Natal tahun ini, Snow City mulai ramai dipadati pengunjung. Berbagai wahana permainan ada di sini. Di antaranya, Anda dan keluarga bisa bermain seluncur salju, membuat bola salju, atau sekadar menikmati suasana dindin yang di kelilingi salju.

Yang tak kalah serunya, mencoba tantangan bermain ski atau snowboarding. "Bagi yang ingin bermain ski dan snowboarding, tak perlu khawatir karena akan dipandu oleh instruktur berpengalaman di Snow City, bernama Emeline Tan," kata Norazani Shaiddin, General Manager Snow City kepada sejumlah wartawan yang menghadiri undangan Snow City di wahana liburan ini, Jumat (2/11/2016). 

Beberapa wartawan dan koresponden media nasional dan lokal di Batam berkesempatan mencoba bermain ski dan snowboarding. Permainan ini ternyata tidak mudah. Dibutuhkan teknik dan latihan khusus untuk dapat mahir dan menguasai permainan ini. 

Selain wahana permainan tersebut, kata Norazani, pengunjung juga dapat menikmati beberapa wahana permainan di lantai dua Snow City. Di sini ada dua tempat seluncuran dari es berukuran kecil yang pas bagi anak-anak berusia antara 6-12 tahun. Juga terdapat patung beruang yang terbuat dari salju dan rumah iglo yang menjadi ciri khas rumah di kutub utara.  

Untuk bisa masuk ke Snow City, pengunjung akan dikenakan harga tiket 18 dolar Singapura atau sekira Rp160 ribu per orang. 

Untuk bermain selama dua jam, pengunjung dikenakan 28 dolar Singapura (dewasa) dan 23 dolar Singapura (anak-anak). Pengelola menyediakan fasilitas seperti jaket, sarung tangan, dan sepatu khusus untuk bermain di wahana salju. 

"Menjelang akhir tahun, pengunjung yang datang mulai ramai. Kami menargetkan jumlah pengunjung pada liburan Natal tahun ini mencapai 35 ribu orang," kata Norazani. 

Snow City memiliki teknologi baru asal Perancis untuk menghasilkan salju yang lebih halus. "Jadi, serasa di negara Eropa," ujarnya.


Pengunjung antre masuk ke lokasi Marvel Avangers Station-Exhibition

Komposisi yang dipakai untuk membuat salju ini adalah nitrogen dan air. Bila merujuk pada situs resmi Snow City, untuk membuat satu ton salju, diperlukan satu ton nitrogen cair dan satu ton air. 

Menjaga agar suhu dingin di dalam ruangan, Snow City memerlukan 150 ton salju dengan kedalaman 400 milimeter. Setiap minggunya diproduksi sekitar 10-15 ton salju dengan alat pembuat salju yang didatangkan dari Perancis.

Snow City terletak di 21 Jurong Town Hall Road, Singapura, tepatnya di kawasan Singapore Science Centre. Untuk menempuh perjalanan ke lokasi, dapat menggunakan MRT tujuan Jurong East Station dan berjalan menuju kawasan Singapore Science Centre.

Selain Snow City, di Singapore Science Centre juga terdapat wahana liburan lainnya seperti Marvel Avengers Station-Exhibition dan menyaksikan keseruan menonton di Omni Theatre menggunakan teknologi 3D Fulldome Sistem.


(UWA)