Turis Korsel Mulai Banjiri Batam Jelang Tahun Baru 2018

Anwar Sadat Guna    •    Minggu, 24 Dec 2017 16:54 WIB
pariwisata
Turis Korsel Mulai Banjiri Batam Jelang Tahun Baru 2018
Wisman asal Korsel disambut oleh otoritas Bandara Hang Nadim Batam sesaat setelah tiba di bandara, Minggu, 24 Desember 2017. Foto: Medcom.id/Anwar Sadat Guna

Batam: Sebanyak 175 wisatawan mancanegara (wisman) asal Korea Selatan (Korsel) tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Minggu, 24 Desember 2017. Mereka disambut hangat otoritas Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim BP Batam begitu menginjakkan kaki di pintu kedatangan bandara.

Ratusan turis asing tersebut tiba di Batam dari Kota Busan, Korsel, ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan penerbangan perdana extraflight charter. Badan Pengusahaan (BP) Batam selaku pengelola Bandara Hang Nadim menyambut antusias kedatangan 175 wisman tersebut.

"Kami telah melakukan berbagai persiapan, termasuk koordinasi dengan berbagai pihak, dan pada prinsipnya fasilitas di bandara telah siap dengan prasarana yang ada," kata General Manager Operasional BUBU Hang Nadim Batam Suwarso usai menyambut kedatangan turis Korea tersebut.

Pihaknya telah merpersiapkan secara optimal standar pelayanan penerbangan internasional bersama maskapai Lion Air, CIQP (Custom, Imigration, Quarantine, Port Health) AirNav Indonesia, ground handling, Dinas Pariwisata Pemerintah Kota (Pemko) Batam, travel agent, dan unit kerja terkait di Bandara Hang Nadim.

Suwarso menilai, adanya jalur penerbangan langsung atau charterflight ke Batam akan berdampak positif bagi perekonomian di Kota Batam, khususnya sektor pariwisata. Pihaknya juga telah melihat peluang tersebut dengan melakukan pengembangan infrastruktur bandara.

"Kedatangan wisman ini adalah langkah positif guna menggairahkan dunia pariwisata di Batam. Selain itu, kami juga bersinergi dengan pemerintah daerah agar bisa meningkatkan daya tarik wisata. Ke depan, kita akan tunggu lagi kedatangan wisman dari Korsel," harapnya.

Suwarso menjelaskan, penerbangan langsung maskapai Lion Air yang mengangkut wisman dari Korsel akan dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Sebelumnya, pada Juli hingga September 2017 lalu, Hang Nadim Batam telah kedatangan wisman asal Changsa, Tiongkok, sebanyak delapan kelompok terbang pulang pergi.


(SUR)