Warga Batam Puji Kualitas Uang Baru

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 20 Dec 2016 19:29 WIB
rupiah
Warga Batam Puji Kualitas Uang Baru
Warga memperlihatkan uang pecahan baru yang ditukarkan di Kantor Perwakilan BI Kepri di Batam. Foto: Metrotvnews.com/Anwar Sadat Guna

Metrotvnews.com, Batam: Warga Kota Batam, Kepulauan Riau, puas dengan kualitas uang baru yang beredar sejak kemarin. 

"Bahannya lebih halus dan warnanya lebih cerah. Ukurannya juga tak besar, jadi enak megangnya," kata Petrus, warga yang menukarkan uang pecahan lamanya, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Selasa (20/12/2016). 

Bank Indonesia Kepri menyiapkan uang emisi tahun edar (TE) 2016 sebanyak Rp70 miliar. Uang itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kepri.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Gusti Raizal, mengatakan uang pecahan baru ini merupakan jatah yang diberikan Bank Indonesia pusat.

Jumlah tersebut diharapkan dapat mencukupi permintaan dan kebutuhan masyarakat hingga penghujung 2016. Uang pecahan kertas yang resmi disebarkan antara lain pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Serta pecahan logam baru, yakni Rp1.000, Rp500, Rp200, dan Rp100. 

"Bila dibutuhkan tambahan, BI akan menambah dan akan datang bertahap," ujarnya kepada Metrotvnews.com.

Meski resmi diedarkan, kata Gusti, uang pecahan lama, baik kertas maupun logam, tetap bisa digunakan. Ia memastikan uang pecahan lama masih layak digunakan untuk bertransaksi. Sehingga, masyarakat tak perlu khawatir dengan beredarnya uang baru.

"Masyarakat bahkan bisa menukarkan uang lama yang sudah lusuh dengan uang baru. Penukaran bisa dilakukan di bank-bank maupun mobil kas keliling yang tersebar di sejumlah wilayah di Kepri," kata Gusti. 

Biasanya, menjelang perayaan hari keagamaan, tren penggunaan dan penukaran uang meningkat. Tak terkecuali di momen Natal dan tahun baru.

 


(UWA)