PLN Berencana Bangun Pembangkit Biomassa di Simeleu Aceh

Antara    •    Rabu, 19 Sep 2018 21:42 WIB
listrik
PLN Berencana Bangun Pembangkit Biomassa di Simeleu Aceh
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Meulaboh: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan merealisasikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di wilayah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Pembangunan infrastruktur energi itu dilakukan dengan pola bisnis Independent Power Producer (IPP).

"Belum ada rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) karena bahan baku tidak tersedia. Kalau biodiesel itu sangat memungkinkan dan sudah disurvei sesuai kebutuhan di Simeulue," kata Manager PT PLN Area Meulaboh, Redi Suzanto, di Meulaboh, Rabu, 19 September 2018.

Selain itu, PLTBm menyikapi langkah strategis Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. PLTBm di kepulauan terluar Provinsi Aceh itu berkapasitas 5-6 Megawatt (MW). Sementara, bahan untuk bahan baku dimanfaatkan potensi lokal serta didatangkan secara mobile dari perusahaan yang ditunjuk pemerintah.

Hadirnya pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) akan membuat daerah destinasi wisata bahari Indonesia surplus energi. Rencana ini sengaja disiapkan untuk menyambut kehadiran investor di masa mendatang.

"Simeulue merupakan daerah kepulauan yang saat ini banyak dilirik investor, kebutuhan energi merupakan salah satu hal yang wajib disediakan," imbuhnya. Namun, dia mengakui harga per Kwh dari PLTBm ini lebih mahal dari harga produksi saat ini.

Pemerintah juga membangun satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 5 MW di Kabupaten Simeulue. Hal itu menyikapi potensi penambahan daya dan pertumbuhan ekonomi.


(SUR)