Moge H3 Menderu Promosikan Danau Toba

Budi Warsito    •    Sabtu, 21 May 2016 13:42 WIB
pariwisata
Moge H3 Menderu Promosikan Danau Toba
Danau Toba. Foto: Antara/Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Sibolga: Deru mesin motor gede atau moge bergemuruh memulai rangkaian Greatest Caldera Ride 2016 di Pantai Bosur, Panda, Sibolga, Sumatera Utara, Sabtu 21 Mei 2016. 

Rute pertama touring moge itu akan berakhir di Kota Parapat. Sebanyak 170 bikers moge dari komunitas Horas Halak Hita (H3) memeriahkan acara ini. 

Ketua Panitia Greatest Claldeora Ride 2016, Efrinal Sinaga, mengatakan tujuan utama kegiatan ini adalah mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional. Acara berlangsung dua hari, 21 hingga 22 Mei.

Di hari pertama, rute yang akan ditempuh antara lain Pantai Bosur, Kota Sibolga, Kota Tarutung, Tapanuli Utara, Kota Doloksanggul, Humbahas, Kota Balige, Kota Tobasa, dan Parapat.

"Di tengah perjalanan kami akan singgah untuk mencatatkan rekor napak tilas moge di makam Sisingamangara, Balige. Lalu mengunjungi DEL di Laguboti, kemudian menuju Parapat. Rombongan istirahat semalam di Parapat," ujarnya.

Hari kedua, Minggu 22 Mei, perjalanan dimulai dari Kota Parapat melintasi Tiga Dolok, Simalungun, Merek, Karo, Sipiso, Kabanjahe, Berastagi, dan berakhir di Hotel Danau Toba Medan.

"Touring ini melintasi kawasan Danau Toba dan finish-nya juga di hotel yang bernama Danau Toba," ujar Efrinal. 

Total jarak yang akan ditempuh 570 kilometer. Kegiatan ini, kata dia, diselenggarakan untuk mendukung program Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui Kementrian Pariwisata yang bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Touring ini adalah rangkaian kampanye H3 mempromosikan Toba International Detour dengan branding Wonderful Toba 2016.

Touring perdana di Sumut ini diikuti peserta dari Jakarta, Sumatera Utara, dan Aceh. Mereka mengendarai moge jenis Harley Davidson berbagai tipe dan model.

Touring juga diikuti 50 peserta dari komunitas sepeda motor matic Scoopy dan 100 peserta dari komunitas Vespa asal Kota Medan dan Padang Sidimpuan. Ada pula penyandang disabilitas yang mengendarai sepeda motor yang dimodifikasi.


(UWA)