Terminal Control Area Medan Diresmikan

Budi Warsito    •    Jumat, 09 Dec 2016 19:08 WIB
bandara
Terminal Control Area Medan Diresmikan
Suasana di Terminal Control Area Medan Foto: Metrotvnews.com/Budi

Metrotvnews.com, Deli Serdang: Airnav Indonesia meresmikan pengoperasian Terminal Control Area Medan yang berada di Bandara Kualanamu, Jumat 9 Desember 2016. 

Pengoperasian terminal kontrol ini bertujuan mengoptimalkan pelayanan lalu lintas udara serta memberikan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Kualanamu.

Peresmian Terminal Control Area ini dipimpin Direktrur Operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono, didampingi General Manager Kantor Cabang Madya Medan Tri Basuki.

Wisnu mengatakan Terminal Control Area Medan ini dapat mengatur lalu lintas udara dari perbatasan Sumatera Selatan hingga Aceh.

“Pengawasan dari batas Sumatera Selatan hingga atas Aceh ini dengan ketinggian 10 ribu hingga 24 ribu kaki,” papar Wisnu, kepada wartawan, Jumat (9/12/2016).

Pemberlakukan terminal kontrol, kata dia, bisa meningkatkan jumlah penumpang di Bandara Kualanamu pada 2019 hingga 2020. Pertumbuhan diprediksi meningkat dua kali lipat atau sebanyak 360 penerbangan. 

Uji coba pengoperasian Terminal Control Area ini sudah dilaksanakan sejak Agustus 2016. Sebelum diresmikan, pada 30 November unit pelayanan telah aktif.

General Manager AirNav Indonesia Kantor Cabang Madya Medan, Tri Basuki, menambahkan, dengan peralatan mutakhir yang dipasok dari spanyol, terminal itu bisa mengutamakan keselamatan.

Acara peresmian Terminal Control Area Medan ini turut dihadiri otoritas PT Angkasa Pura II, otoritas Bandara Kualanamu, perwakilan BMKG Bandara Kualanamu, dan Airline Organitation Corparation (AOC).



(UWA)