BP Tangjungpinang Siapkan Kawasan Industri Halal

Antara    •    Selasa, 04 Sep 2018 08:06 WIB
produk halal
BP Tangjungpinang Siapkan Kawasan Industri Halal
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Tanjungpinang: Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BP FTZ) Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menyediakan lahan untuk pembangunan industri halal. Lahan seluas 600 hektare tersebut berada di Pulau Dompak.

Dari 600 hektare di Pulau Dompak itu, seluas 100 hektare di antaranya merupakan hibah dari PT Kemayan Bintan.

"Tadi pihak perusahaan menyatakan komitmennya di hadapan gubernur untuk menghibahkan lahan seluas 100 hektare. Gubernur menginginkan lahan itu digunakan untuk pengembangan
industri," kata Kepala BP KPBPB Tanjungpinang Den Yealta, Senin, 3 September 2018.

Sejumlah investor sudah menyatakan tertarik membangun industri halal di kawasan bebas di Dompak. Salah satu di antaranya berasal dari Dubai.

BP FTZ Tanjungpinang dalam waktu dekat akan mendorong investor tersebut mengunjungi areal industri halal tersebut. "Alhamdulillah, gubernur mendukung penuh upaya kami mendorong industri halal di Tanjungpinang," katanya.

Ia menyatakan pembangunan kawasan industri di Pulau Dpmpak masih terkendala infrastruktur dasar seperti jalan, pelabuhan, air dan listrik. Persoalan ini tengah dicarikan solusi.

"Butuh dukungan penuh dari pemerintah agar terealisasi, terutama untuk pembangunan jalan menuju Pelabuhan Moco," katanya.

Saat berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Moco di Pulau Dompak, Gubernur Nurdin berharap pelabuhan itu dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian setempat.

"Diupayakan agar menjadi pelabuhan ekspor dan impor. Ini akan diurus segera," kata dia.


(SUR)