Menpan-RB: Perizinan Zaman Now, Jangan Dipersulit

Anwar Sadat Guna    •    Minggu, 10 Dec 2017 18:51 WIB
perizinan
Menpan-RB: Perizinan Zaman <i>Now</i>, Jangan Dipersulit
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur. Foto: MI/Ramdani

Batam: Pemerintah mengapresiasi gerak cepat Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam merealisasikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam. Pemerintah optimis MPP Batam segera dioperasikan untuk melayani berbagai perizinan di wilayah ini, Desember 2017.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, MPP Batam merupakan MPP ketiga yang dirintis pemerintah setelah Jakarta dan Surabaya.

Batam sebagai kawasan tujuan investasi, akan banyak berurusan dengan investor. Terutama dalam menyediakan perizinan. Asman mengaku tidak mau mendengar lagi bahwa pelayanan perizinan di Batam lambat dan berbelit-belit. Seluruh proses perizinan harus dipermudah.

"Sekarang sudah zaman now, semuanya harus dipercepat, jangan lagi diperlambat atau dipersulit," ujarnya saat meninjau MPP Batam di Gedung Sumatera Expo, Kota Batam, Minggu, 10 Desember 2017.

Asman menambahkan, selain BP Batam dan Pemko Batam, beberapa instansi juga membuka pelayanan perizinan di MPP tersebut. Di antaranya, imigrasi, kantor pajak, bea cukai, BPJS, dan kepolisian.


Menko Perekonomian Darmin Nasution berkunjung ke konter BP Batam di Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam, Minggu, 10 Desember 2017. Darmin didampingi Menpan RB Asman Abnur dan Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo. Foto: Medcom.id/Anwar Sadat Guna


Segera diresmikan

Sementara itu Menko Perekonomian Darmin Nasution menyebut MPP Batam sudah siap secara sarana prasarana. "Dalam waktu dekat, MPP segera diresmikan," ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Berbagai pelayanan perizinan investasi dan industri ditangani BP Batam dan perizinan terkait konstruksi atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ada di Pemko Batam. BP Batam, kata dia, sudah memiliki program izin investasi tiga jam (i23J).

"Seluruh perizinan terkait investasi harus bisa selesai dalam tempo tiga jam," kata Darmin. Sementara itu,

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menambahkan ada ratusan perizinan di BP Batam akan dikeluarkan di MPP Batam. Seluruh perizinan akan dialihkan ke mall pelayanan tersebut agar lebih memudahkan investor.

"Semua perizinan BP akan dilaihkan ke MPP. Yang tadinya di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, sekarang di MPP. Seluruh pelayanan perizinan investasi akan dikawal hingga benar-benar selesai," pungkasnya.


Suasana di MPP Batam yang akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat. Foto: Medcom.id/Anwar Sadat Guna


Pantauan Medcom.id, seluruh sarana dan prasarana dan fasilitas di MPP Batam sudah tersedia. Bangunan dan interior ruangan serba baru dengan penataan ruang pelayanan yang didesain minimalis namun tetap kelihatan lapang.

Di depan pintu masuk langsung terpampang Mall Pelayanan Publik Kota Batam. Terdapat juga kolam kecil dengan air mancur di tengahnya. Informasi yang dihimpun, MPP Batam akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Desember 2017.

Selain MPP, Presiden juga akan meresmikan beberapa proyek lain di Kepri, di antaranya flyover Simpang Jam, Batam, dan Jembatan Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri.


(SUR)