Koperasi di Banda Aceh Didorong Kembangkan Pariwisata Islami

Antara    •    Selasa, 17 Apr 2018 12:12 WIB
pariwisata islami
Koperasi di Banda Aceh Didorong Kembangkan Pariwisata Islami
Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Nangroe Aceh Darussalam, yang menjadi ikon kebanggaan masyarakat Aceh. Foto: MI/Ramdani

Banda Aceh: Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak pengurus koperasi tersebut ikut mengembangkan sektor pariwisata. Selain potensi yang ada, pemerintah kota melihat wisata rohani atau religi sebagai peluang.

"Kami mengajak koperasi ikut mengembangkan sektor pariwisata. Majunya pariwisata akan berdampak pada seluruh sektor perekonomian, termasuk koperasi," kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Selasa, 17 April 2018.

Aminullah menyebutkan, Banda Aceh memiliki banyak potensi pariwisata untuk dikembangkan. Selain potensi yang ada, ada wisata Islami yang dapat dikembangkan. Seperti gelaran zikir akbar.

Menurut Aminullah, pelaksanaan zikir akbar tersebut tentu akan dihadiri wisatawan muslim dari berbagai negara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam.

"Wisata islami ini potensi yang menjanjikan. Dan potensi ini perlu digarap dengan maksimal, termasuk keterlibatan koperasi," kata mantan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh tersebut.

Banyak peluang usaha koperasi di sektor pariwisata. Mulai dari usaha suvenir atau oleh-oleh, hingga kuliner. Semua usaha tersebut bisa dilakukan dalam skala kecil dan menengah.

Jika peluang ini digarap, bukan tidak mungkin koperasi bersaing dengan yang lainnya. Maka, dengan sendirinya koperasi mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Banda Aceh.

"Kami yakin koperasi dan perekonomian Banda Aceh bangkit melalui sektor pariwisata. Tentunya, semua elemen harus ikut bersama-sama mengembangkan dan memajukan pariwisata, termasuk koperasi," kata Aminullah Usman.


(SUR)