Permintaan Semangka Meningkat saat Ramadan

Farida Noris    •    Senin, 05 Jun 2017 13:11 WIB
semangka
Permintaan Semangka Meningkat saat Ramadan
Pedagang menyortir buah semangka di Medan, Sumatera Utara -- ANT/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Medan: Semangka adalah buah yang seringkali dihidangkan saat buka puasa. Tak heran, bila permintaan buah kaya air ini meningkat sekitar 20 persen dibanding hari biasanya. Tingginya permintaan juga dipicu musim kemarau yang melanda Medan.

"Permintaan cukup tinggi, apalagi ini lagi bulan puasa ditambah musim kemarau. Jadi, banyak yang beli semangka," kata Dimpos Silalahi, pedagang semangka di Jalan Denai Ujung, Medan, Sumatera Utara, Senin 5 Juni 2017.

Dimpos mengatakan, ia menjual semangka tanpa biji Rp5 ribu per kilogram. Sehari, ia bisa menjual 600 kilogram semangka.

"Di bulan puasa ini pelanggan yang beli semangka tak hanya untuk dikonsumsi keluarga saja. Tapi, banyak juga masyarakat yang membeli semangka untuk dibagikan ke masjid untuk kebutuhan berbuka puasa," ungkapnya.

Anthony, pedagang semangka di Jalan Denai Ujung, Medan, mengaku, ada peningkatan permintaan dibandingkan hari biasa. Semangka didatangkan dari Langkat, Sumut. Meski permintaan tinggi, namun suplai semangka masih aman.

"Saya jual semangka Rp4 ribu per kilogram. Biasanya saya jual Rp3 ribu per kilogram. Peminat semangka cukup tinggi di bulan puasa ini. Apalagi ini musim panas, jadi banyak yang belanja semangka di tempat saya," bebernya.
(NIN)