Harga Ayam Potong di Medan Terus Merangkak Naik

Farida Noris    •    Rabu, 16 Aug 2017 15:01 WIB
harga ayam
Harga Ayam Potong di Medan Terus Merangkak Naik
Pedagang sedang memotong daging ayam jualannya -- ANT/Ari Bowo Sucipto

Metrotvnews.com, Medan: Harga daging ayam potong di Medan, Sumatera Utara, terus merangkak naik. Daging ayam potong yang biasanya dijual Rp26 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp30 ribu per kilogram.

"Naiknya bertahap. Padahal sebelumnya masih dijual Rp26 ribu per kilogram. Tapi, sekarang sudah Rp30 ribu per kilogram," kata Suwanto di Pasar Simpang Limun, Medan, Rabu 16 Agustus 2017.

Suwanto mengaku, tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga ayam potong. Ia mengambil daging dari peternak sudah mahal.

"Namanya harga naik, otomatis pembeli, khususnya dari kalangan ibu rumah tangga, pasti mengurangi jumlah pembelian. Kalau biasanya membeli sampai dua kilogram, sekarang hanya setengah kilogram," urai Suwanto.

Teguh, peternak ayam di Pancurbatu, Medan, mengatakan, harga jual ayam di tingkat peternak memang mengalami kenaikan. Saat ini, ia menjual ayam hidup Rp20 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp16 ribu per kilogram.

"Terkadang, harga ayam potong di pasaran mahal karena rantai distribusi ayam dari peternak hingga sampai ke tangan pedagang cukup panjang. Jadi, tidak selalu dari peternak ayamnya," jelasnya.


(NIN)