BP Batam Segera Punya Biro Ekonomi Kreatif

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 17 Oct 2018 18:32 WIB
investasi
BP Batam Segera Punya Biro Ekonomi Kreatif
Menpan RB Syafruddin saat berkunjung ke Kantor BP Batam, Kota Batam, Provinsi Kepri, belum lama ini. Medcom.id/Anwar Sadat Guna

Batam: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) segera sahkan pembentukan Biro Ekonomi Kreatif Badan Pengusahaan (BP) Batam. Biro tersebut dibentuk untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Pulau Batam.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo telah bertemu dengan Menpan-RB Syafruddin di Jakarta, Rabu, 17 Oktober 2018, sekitar pukul 11.00 WIB.   

"Pembentukan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) Biro Ekonomi Kreatif merupakan bagian dari program BP Batam untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta investasi di wilayah FTZ (Free Trade Zone) Batam," ungkap Lukita dalam rilisnya kepada Medcom.id, Rabu, 17 Oktober 2018.

Pembentukan Biro Ekonomi Kreatif BP Batam sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2007 tentang tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Keberadaan Biro Ekonomi Kreatif ini dapat menjalankan berbagai terobosan baru dalam meningkatkan perekonomian Batam. Khususnya, program pengembangan industri pariwisata dan ekonomi mikro, menengah, industri kreatif, serta sektor pendukung lainnya.

"Pembentukan biro ini juga merupakan bagian dari rencana anggaran BP Batam di tahun 2019. Kami berharap, SOTK baru ini dapat segera disahkan," jelas Lukita.

Menteri Syafruddin menyambut baik pembentukan Biro Ekonomi Kreatif BP Batam. Tim Kementerian, menurut Syafruddin, sudah mengkaji dan mendalami pembentukan Biro Ekonomi Kreatif BP Batam.

SOTK yang diajukan BP Batam sudah sesuai dan tidak bertentangan dengan undang-undang maupun peraturan tentang kelembagaan. "Dalam waktu dekat kita akan berkoordinasi bersama dengan BP Batam untuk segera merealisasikan dan mengesahkan SOTK tersebut sebelum tahun 2019," ujar Syafruddin.


 


(SUR)