Bongkar Muat Barang Pelindo I Tumbuh Hingga 32,46%

Farida Noris    •    Senin, 11 Dec 2017 07:50 WIB
logistik
Bongkar Muat Barang Pelindo I Tumbuh Hingga 32,46%
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Medan: Realisasi bongkar muat barang di PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) triwulan III 2017 mencapai 38,69 juta ton. Realisasi tahun ini tumbuh 32,46% dari periode sama tahun lalu yang hanya sebesar 29,2 juta ton.

"Volume bongkar muat Pelindo I menunjukkan pertumbuhan positif," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo I, Iman A Sulaiman, Minggu, 10 Desember 2017.

Iman menyebut peningkatan volume bongkar muda dibantu tingginya arus bongkar muat kayu dan batu bara, impor komoditi pupuk curah, minyak sawit, gandum, gula pasir, dan besi. Peningkatan kegiatan antar pulau bongkar untuk komoditi batu bara, jagung, semen bag, dan semen curah memberi peran tak sedikit.

"Selain itu, volume bongkar muat peti kemas juga menujukkan peningkatan. Realisasi bongkar muat peti kemas selama triwulan III tahun 2017 mencapai 688.781, atau tumbuh 0,88% dibandingkan periode yang sama tahun lalu," pungkasnya.

Pelindo I juga memiliki program rintisan layanan peti kemas di pelabuhan-pelabuhan utama. Pelindo I membangun terminal rintisan dengan tujuan meningkatkan ekonomi daerah yang bisa berkontribusi kepada peningkatan layanan pelabuhan.

"Investasi terus dilaksanakan di seluruh wilayah operasional Pelindo 1, termasuk Pelabuhan Peti Kemas Belawan guna mempercepat layanan bongkar muat. Di Pelabuhan yang sama juga tengah dilakukan pembangunan dermaga sepanjang 700 meter mengarah ke laut lepas," bebernya.


(SUR)