Harga Ikan di Medan Mulai Naik

Farida Noris    •    Senin, 22 May 2017 15:46 WIB
harga ikan
Harga Ikan di Medan Mulai Naik
Pedagang menjajakan berbagai jenis ikan segar di Medan, Sumatera Utara -- ANT/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Medan: Sepekan jelang Ramadan, harga ikan di sejumlah pasar tradisional di Medan mengalami lonjakan. Diduga, cuaca buruk menyebabkan pasokan ikan yang diterima pedagang berkurang.

"Kalau ikan rata-rata mengalami kenaikan jelang puasa ini. Memang pasokannya sedikit. Ada yang bilang harga ikan naik karena mau puasa. Tapi, ada juga yang bilang karena musim hujan terus," kata Midah, pedagang di Pasar Simpang Limun, Medan, Sumatera Utara, Senin 22 Mei 2017.

Berdasarkan pantauan di Pasar Simpang Limun dan Seikambing, ikan tongkol bulat yang sebelumnya Rp23 ribu per kilogram, kini dijual Rp25 ribu hingga Rp26 ribu per kilogram. Sedangkan, ikan tongkol sisik yang sebelumnya Rp28 ribu per kilogram, naik menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Ikan patin naik dari Rp20 ribu per kilogram, menjadi Rp22 ribu hingga Rp23 ribu per kilogram. Ikan dencis kecil sebelumnya Rp28 ribu per kilogram, sekarang dijual Rp30 ribu hingga Rp32 ribu per kilogram.

Koko, pedagang ikan di Pasar Seikambing, mengatakan, kenaikan harga ikan sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Menurutnya, curah hujan tinggi yang belakangan melanda sejumlah kawasan di Sumut mempengaruhi tangkapan ikan nelayan.

"Barangnya sedikit, apalagi tiap hari hujan dan angin kencang. Gelombang air laut juga tinggi. Biasanya, nelayan tidak berani melaut terlalu jauh. Jadinya pasokan ikan di pasar juga minim. Pelanggan kami pun banyak yang mengeluh," bebernya.

Sementara itu, tidak ada kenaikan harga untuk udang dan cumi. Udang tetap dijual Rp65 ribu per kilogram dan cumi Rp45 ribu per kilogram.


(NIN)