Tol Palembang-Indralaya Siap Beroperasi pada Desember

Alwi Alim    •    Jumat, 15 Sep 2017 17:04 WIB
infrastruktur
Tol Palembang-Indralaya Siap Beroperasi pada Desember
Pengerjaan Tol Palindra seksi Palembang-Pemulutan telah mencapai 99 persen. Foto: MTVN/Alwi Alim

Metrotvnews.com, Palembang: Pengerjaan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) terus dikebut. Tol ini ditargetkan rampung dan dapat beroperasi di Desember 2017.

Manager Proyek PT Hutama Karya (Persero) Divisi Tol Palindra, Hasan Turcahyo, mengatakan pengerjaan beberapa seksi tol hampir 100 persen. Misalnya pengerjaan 7 Km seksi Palembang-Pemulutan telah mencapai 99 persen.

"Untuk seksi satu ini tinggal pembangunan gerbang tol saja," katanya saat ditemui di Jalan Tol Palindra, Jumat 15 September 2017.

Seksi II (Pemulutan-KTM Rambutan) yang panjangny 5 Km telah rampung 25 persen.Sedangkan seksi III (KTM Rambutan-Indralaya) yang panjangnya 10 Km telah berjalan 81 persen

"Seksi dua dan tiga masih pengerjaan pengaspalan," imbuhnya.

Pengoperasian setidaknya akan dilakukan untuk seksi I. Saat ini kontraktor menunggu arahan dari Pemerintah pusat. Selain itu, kontraktor juga menunggu pengecekan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada 25 September.

"Mereka akan mengecek apakah sudah layak atau tidak. Jika layak maka sudah dapat dioperasionalkan untuk seksi satu ini," terangnya.

BPJT juga dan pengelola akan  membahas penerapan tarif di jalan tol ini. Berdasar prediksi Hutama Karya saat ini, tarif golongan I Rp750/Km, golongan II Rp1.100/Km, golongan III Rp1.300/Km, golongan IV Rp1.700/Km dan golongan V Rp2.000/Km. Namun, rencana ini belum pasti akan disetujui.

"Kami harap nantinya tol ini sangat membantu untuk mengatasi kemacetan di jalan lintas," pungkasnya.

 


(SUR)