BP Batam Bangun Kawasan Digital Park di Nongsa

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 27 Feb 2018 12:34 WIB
infrastruktur
BP Batam Bangun Kawasan Digital Park di Nongsa
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyampaikan sambutan dalam acara bertajuk The Future Of Batam CREATING a Regional Hub di Radisson Hotel, Kota Batam, Selasa, 27 Februari 2018.

Batam: Badan Pengusahaan (BP) Batam akan membangun sebuah kawasan digital park di wilayah Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepri. Kawasan tersebut telah diproyeksikan menjadi pusat pengembangan teknologi digital untuk mendukung pengembangan industri digital Batam ke depan.

"Pengembangan kawasan digital park ini juga kami harapkan bisa mendorong pengembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi. Kebutuhan internet di kawasan ini juga memadai, termasuk membangun fasilitas kantor bagi pelaku industri," kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo dalam seminar bertajuk "The Future of Batam Creating a Regional Hub" yang diselenggakan oleh Indonesia Economic Forum di Radisson Hotel, Kota Batam, Selasa, 27 Februari 2018. 

Lukita mengatakan, upaya pengembangan kawasan digital park ini tentunya harus mendapatkan dukungan penuh BP Batam, terutama dalam pemberian pelayanan perizinan yang baik dan mudah. 

Sebagai kawasan pengembangan digital park, kawasan ini juga akan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan teknologi digital bagi talenta-talenta muda yang fokus di bidang teknologi. "Kami mendorong lahirnya talenta muda yang berbakat dan ahli di bidang teknologi," ujarnya. 

Lukita menambahkan, sebagai kawasan industri yang letaknya strategis, Batam menjadi wilayah yang potensial untuk dikembangkan menjadi wilayah penghubung di kawasan regional maupun dengan sejumlah negara. 

"Tidak hanya dalam sektor industri teknologi digital, tetapi juga untuk pusat logistik. Kami mendukung investor yang ingin masuk dan berinvestasi di sektor logistik dan industri digital, baik di bandara maupun di Nongsa, Batam," pungkas Lukita. 

M. Rudy Salahudin, Deputi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing UKM, Kementerian Perekonomian, mendukung penuh upaya BP Batam mengembangkan kawasan teknologi digital di Batam. 

Sebagai kawasan strategis, berdekatan dengan sejumlah negara, kata Rudy, Batam sangat potensial unyuk mengembangkan kawasan digital park yang mampu melahirkan talenta-talenta berbakat dan ahli di bidang teknologi digital.  

Tidak hanya itu, sambung Rudy, Batam juga sangat potensial menjadi kawasan digital hub di kawasan regional. Dikatakan Rudy, digital hub memerlukan adanya modal ventura yang memahami dengan baik sistem bisnis digital ini. 

"Bukan hanya bicara tentang internet berkecepatan tinggi, tetapi juga ketersediaan infrastruktur logistik maupun pergudangan dan lainnya," ujarnya. 


(ALB)