Pasaman Barat Berupaya Majukan Sektor Pariwisata

Antara    •    Senin, 06 Feb 2017 10:07 WIB
pariwisata
Pasaman Barat Berupaya Majukan Sektor Pariwisata
Bupati Pasaman Barat Syahiran -- ANT/Maril Gafur

Metrotvnews.com, Padang: Bidang pariwisata terbukti menjadi penyumbang terbesar devisa negara. Bahkan, pemerintahan Presiden Joko Widodo menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu program prioritas.

Upaya memajukan sektor pariwisata mulai diikuti pemerintah daerah, salah satunya Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Keindahan alam pengunungan, keelokan pantai, dan kekayaan budaya yang dimiliki `sepenggal tanah sorga` itu membulatkan tekad pemerintah setempat mengembangkan sektor pariwisata.

Potensi wisata Pasaman Barat yang diyakini mampu mendatangkan wisatawan, di antaranya Pantai Sasak, Sikilang, Pulau Panjang, Air Terjun Siburai-Burai dan Danau Indah Koto Balingka. Namun, upaya pemerintah mengembangkan potensi wisata tidak akan berjalan optimal tanpa partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat.

"Kalau daerah wisata kita sudah ramai, harga kuliner jangan naik pula, termasuk juga harga parkir. Jangan pula jadikan lokasi ini tempat yang kurang baik (maksiat). Mari kita jaga dan pelihara lokasi pantai ini secara bersama-sama untuk berwisata keluarga," kata Bupati Pasaman Barat Syahiran di Pantai Sasak, Pasaman Barat, Sumatera Barat, Senin, 6 Februari 2017.

Menurut Syahiran, tempat wisata akan ramai kalau semua warga menjaga lokasi wisata tetap bersih. Instansi terkait juga harus aktif ikut menjaga tempat wisata, sehingga dapat meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat sekitarnya.


(NIN)