Makerfest Cari Tiga Kreator Sumbar untuk Dilejitkan ke Dunia

Alex Rajes    •    Sabtu, 21 Apr 2018 19:38 WIB
industri kreatif
Makerfest Cari Tiga Kreator Sumbar untuk Dilejitkan ke Dunia
Pembuatan Kreatif miniatur hewan dengan bahan dasar jerami dari UMKM asal kenagarian Lintau, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Foto: Medcom.id/Alex Rajes

Padang: Makerfest mengundang 30 kreator muda UMKM dalam pameran produk yang diselenggarakan di Lapangan Imambonjol kawasan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu, 21 April 2018. Kegiatan tersebut dimeriahkan penampilan Band Gigi pada puncak acara.

PR Committe Makerfest Siti Fauziah menyatakan, 30 peserta akan diseleksi hinga mendapatkan tiga pengusaha kecil terbaik. Tiga kreator 'jagoan' ini akan dikembangkan hingga layak bersaing ke pasar mancanegara.

"Makerfest akan berikan edukasi penuh, dari pelatihan cara bisnis, pembentukan kemasan yang baik, pengembangan jaringan hingga memberikan modal Rp1,5 miliar untuk pemenang utama," jelas Siti pada medcom.id di Padang, Sabtu, 21 April 2018.

Makerfest merupakan gerakan Independen untuk membangun pebisnis dan kreator muda di seluruh pelosok Indonesia. Gerakan ini mengkolaborasikan Tokopedia, JNE dan pemerintah.

Gerakan ini juga didukung Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, Kementrian Komunikasi dan Informatika. Gerakan ini mencari pebisnis muda yang memiliki potensi jadi pebisnis besar.

"Jika gerasi muda kreatif telah menjadi pebisnis besar, maka Indonesia di masa depan akan membaik," tegas Siti.

Makerfest melakukan kegiatan ini bergilir di seluruh pelosok Indonesia, Kota Padang merupakan kota kedua setelah Medan, Sumatera Utara yang diselengarakan dua pecan lalu.


(SUR)