Lulusan Studi Pariwisata Harus Bisa Saingi Pemandu Wisata Asing

Hendri Kremer    •    Sabtu, 15 Oct 2016 16:39 WIB
pariwisata
Lulusan Studi Pariwisata Harus Bisa Saingi Pemandu Wisata Asing
Menaker M. Hanif Dhakiri (batik coklat) saat meninjau ruang praktik Batam Tourism Polytechnic (BTP). Foto: MI/Hendri Kremer

Metrotvnews.com, Batam: Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri meminta lulusan studi pariwisata bisa menyaingi kemampuan pemandu wisata asing.

"Dunia pariwisata adalah industri yang sedang booming dan terus berkembang. Maka, lulusannya pun harus siap bersaing dengan asing," kata Hanif, saat memberikan kuliah umum di ‎Batam Tourism Polytechnic, Batam, Kepulauan Riau, kemarin.

Untuk membantu mengasah kualitas SDM pariwisata di daerah, Hanif mengatakan Balai Latihan Kerja (BLK) mengoptimalkan pendidikan dan pelatihan di perbatasan, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Dalam pemaparannya, Hanif menekankan pentingnya peningkatan kompetensi tenaga kerja, terutama melalui pendidikan vokasional. Kompetensi menjadi syarat mutlak untuk bisa bersaing di semua level, baik nasional maupun internasional.

Direktur Batam Tourism Polytechnic (BTP) M. Nur A. Nasution mengatakan tengah mempersiapkan mahasiswa untuk dapat bersaing di berbagai tingkat internasional.

"Beberapa mahasiswa kami kirim untuk berkompetisi di luar negeri. Mereka sukses mengngodol peringkat terbaik. Baik yang digelar di Uni Emirat Arab, Inggris, dan Singapura," katanya.

Artinya, lanjut dia, mahasiswa Indonesia tidak kalah jika mau bersaing dengan mahasiswa di luar negeri. Sebab, mereka digodok dan ditempa sangat baik di BTP.

"Keahlian tambahan, terutama kemampuan berbahasa kami terapkan guna memenangi kompetisi," katanya.


(UWA)