Penerbangan Bandara Silangit-Malaysia Dibuka 17 Agustus

Antara    •    Minggu, 29 Jul 2018 13:07 WIB
pariwisata
Penerbangan Bandara Silangit-Malaysia Dibuka 17 Agustus
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Medan: Air Asia akan membuka dua rute penerbangan baru internasional dari Bandar Udara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, ke Malaysia dan sebaliknya. Rute tersebut yakni Silangit-Subang dan Silangit-Kuala Lumpur.

Manajer Operasional, Service, dan Maintenance Bandara Silangit, Ermansyah Saragih mengatakan rute Bandara Silangit-Subang menggunakan pesawat jenis ATR berkapasitas sekitar 75 penumpang. Sedangkan rute Bandara Silangit-Kuala Lumpur Internasional Airport menggunakan
pesawat jenis Airbus A320 yang berbadan besar.

Berdasarkan hasil pertemuan manajemen Bandara Silangit dengan pimpinan Air Asia, penerbangan Bandara Silangit-Subang Airport sudah pasti untuk direalisasikan. Sedangkan penerbangan langsung Bandara Silangit-Kuala Lumpur Internasional Airport juga sudah mendapatkan titik terang.

"Akan ada pertemuan lagi pimpinan Silangit dengan manajemen Air Asia," katanya.

Berdasarkan pertemuan sebelumnya, rute penerbangan itu ditetapkan reguler dengan jadwal penerbangan sebanyak empat kali dalam sepekan yakni Senin, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Penerbangan Bandara Silangit-Subang Airport akan dimulai pada 17 Agustus, sedangkan rute menuju Kuala Lumpur Internasional Airport akan dibuka pada akhir Oktober.

"Namun bisa juga dipercepat," ujar Ermansyah.

Pembukaan dua rute penerbangan internasional menuju dan dari Malaysia tersebut untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di Danau Toba.


(SUR)