157 Km Kabel Fiber Optik Hubungkan Internet dan Mentawai

Alex Rajes    •    Rabu, 07 Mar 2018 15:34 WIB
telekomunikasi
157 Km Kabel Fiber Optik Hubungkan Internet dan Mentawai
Pantai-pantai indah di Kepulauan Mentawai menanti untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata. Foto: MI/YOSE HENDRA

Padang: Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan membentangkan 157 kilometer kabel fiber optik pada Oktober 2018. Kabel yang akan ditanam di dasar laut dengan kedalaman 120 meter ini akan memperkuat jaringan telekomunikasi dan internet di Mentawai.

Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyebut telekomunikasi dan internet masih menjadi barang langka di daerahnya.

"Di beberapa pulau lain Mentawai, hanya tersedia jaringan seluler, Itu pun dengan area terbatas dan belum mendapatkan sinyal yang baik," kata Yudas pada Medcom.id, Selasa, 7 Maret 2018.

Jaringan internet amat krusial untuk mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SPKT). Wisatawan asing yang berlibur di Kepulauan Mentawai juga sering mengeluh soal sulitnya sinyal.

“Sewaktu turnamen selancar internasional tempo hari lalu, peselancar banyak yang ingin mengunggah dokumentasi kegiatannya di media sosial,” ucapnya.

General Manager Telkom Wilayah Sumbar Sulkan mengatakan setelah jaringan internet fiber optik masuk di Mentawai. Telkom akan membangun satu pemancar utama di kawasan Sipora sebagai pulau tertinggi dan akan dipancarkan ke pulau-pulau di sekitarnya.

“Selama ini, jaringan internet di Mentawai dikonfigurasi menggunakan jaringan radio. Stabilitasnya sering terganggu akibat berbagai faktor cuaca,” kata dia.


(SUR)