Pemprov Babel Percepat Pendirian Bank Daerah

Antara    •    Rabu, 19 Sep 2018 23:33 WIB
perbankan syariah
Pemprov Babel Percepat Pendirian Bank Daerah
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Pangkalpinang: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berencana membeli saham Bank Syariah Sum Selatan. Langkah ini untuk mempercepat pendirian bank daerah Bank Umum Syariah Bangka Belitung demi mempercepat pengembangan UMKM di daerah itu.

"Lita membahas pembentukan bank daerah dengan mengajukan spinoff Bank Syariah Sumsel yang sekarang ada di Palembang. Kita beli sahamnya 70 persen untuk membentuk bank syariah Babel," kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat memimpin rapat pembahasan kesepakatan penyertaan modal pendirian bank daerah di Pangkalpinang, Rabu, 19 September 2018.

Pemprov lebih mudah mengembangkan UMKM dari sudut penyertaan modal. Terutama bagi pelaku UMKM untuk melebarkan usahanya.
 
Pemprov Babel mengajak kabupaten kota menyertakan modal untuk pendirian bank daerah ini. Rencananya, 35 persen penyertaan modal dari Pemprov Babel. Sisa penyertaan modala berasal dari tujuh kabupaten/kota.

"Kita mengajak kabupaten kota ikut menyertakan modal, jika provinsi 35 persen, selebihnya mereka. Target kita 2020 bank ini sudah berdiri," ujarnya.

Bupati Bangka Barat Parhan Ali menyetujui penyertaan modal untuk pendirian bank daerah jika sudah ada persetujuan dari DPRD. "Jika sudah ada persetujuan DPRD, maka lebih mudah bagi kita untuk menyertakan modal. Sekitar Rp20 miliar modal yang akan kita kucurkan," ujarnya.


(SUR)