Libur Tahun Baru 2018

Tingkat Keterisian Hotel di Babel 80 Persen

Rendy Ferdiansyah    •    Rabu, 27 Dec 2017 13:09 WIB
tahun baru
Tingkat Keterisian Hotel di Babel 80 Persen
Wisatawan berfoto-foto di Pantai Nyiur Melambai, Lalang, Manggar, Belitung Timur, Bangka Belitung -- ANT/Maulana Surya

Pangkal Pinang: Tingkat keterisian hotel di Bangka dan Belitung (Babel) mencapai 80 persen jelang malam pergantian tahun. Bahkan, ada beberapa hotel yang seluruh kamarnya sudah habis dipesan.

"Tingkat keterisian hotel pasti meningkat karena bertepatan dengan libur tahun baru dan libur sekolah," kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bangka Belitung (Babel) Bambang Patijaya, Rabu, 27 Desember 2017.

Bambang menjelaskan hingga saat ini tercatat ada 40 hotel dengan 1.750 kamar di Bangka. "Sedangkan, Belitung di atas 40 hotel. Perkembangan hotel di Belitung memang  begitu pesat," terangnya.

Menurut Bambang, wisatawan yang berniat berlibur ke Bangka Belitung bisa memanfaatkan home stay jika kehabisan kamar hotel.

Kabid Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung Ari Primajaya menambahkan, melonjaknya tingkat keterisian hotel tahun ini disebabkan banyaknya acara yang digelar untuk menyambut malam pergantian tahun. "Salah satunya pertunjukan jazz di dekat Jembatan Emas," kata dia.

Ari merinci, jumlah kunjungan wisatawan ke Babel pada 2016 hanya 244 ribu wisatawan. Sedangkan, pada 2017 meningkat menjadi 298 ribu wisatawan.

Terpisah, Agus Pahlevi dari Asosiasi Travel Belitung mengatakan tahun ini jumlah wisatawan mancanegara mengalami peningkatan. Hal ini dipicu adanya penerbangan langsung dari Singapura dan Malayasia ke Belitung.

"Turis luar yang pesan melalui travel kita ada dari Jepang, Singapura, dan Malayasia," pungkas Agus.


(NIN)