Mulai Tahun Depan, Bengkulu bakal Punya Kereta Api

Safran Ansyori    •    Kamis, 03 Aug 2017 15:02 WIB
transportasi
Mulai Tahun Depan, Bengkulu bakal Punya Kereta Api
Sebuah kereta melintasi jalur di Madiun, Ant - Fikri Yusuf

Metrotvnews.com, Bengkulu: Kereta api akan menjadi moda transportasi baru di Bengkulu. Kereta bakal terkoneksi dengan pelabuhan.

Pemerintah Provinsi Bengkulu menjalin kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelni) II Pulau Baai. Kesepakatan itu pun menghasilkan keputusan menggandeng dua perusahaan yang bergerak di bidang perkeretaapian yaitu PT Trans Rentang Nusantara (TRN) dan PT INKA. 

Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin mengaku proyek kereta api ini merupakan kali pertama di provinsi tersebut. Ia pun optimistis proyek itu dapat memajukan perekonomian Bengkulu.

"Mari bersama-sama seluruh pihak kita wujudkan proyek besar yang menjadi salah satu proyek strategis nasional ini dapat berjalan sebagaimana harapan," kata Rohidin di Bengkulu, Rabu 2 Agustus 2017.

General Manager (GM) PT Pelindo II Bengkulu Drajat Sulistyo mengatakan pembangunan rel kereta dapat mengembangkan kawasan Pelabuhan Pulau Baai. Menurutnya, kereta api dapat mendongkrak pengiriman barang, utamanya hasil tambang batu bara.

"Bila itu terjadi maka pelabuhan Pulau Baai akan menjadi pelabuhan terminal batu bara terbesar di wilayah Sumatera," kata Drajat. 

Rencananya, rel kereta bakal membentang sepanjang 168,7 kilometer dari Pulau Baai ke Kota Bengkulu. Proyek tersebut diprediksi memakan anggaran Rp11 triliun. Proyek mulai dikerjakan pada 2018.


(RRN)