Sambut Iduladha, Harga Cabai dan Ikan di Medan Melonjak

Farida Noris    •    Minggu, 11 Sep 2016 13:08 WIB
idul adha 2016
Sambut Iduladha, Harga Cabai dan Ikan di Medan Melonjak
Aktivitas pasar tradisional di Medan, Sumut. (Metrotvnews.com/Farida Noris)

Metrotvnews.com, Medan: Menyambut Iduladha, harga cabai dan ikan di pasar tradisional Kota Medan, Sumatera Utara naik drastis. Kenaikan lantaran kebutuhan masyarakat di saat hari raya haji ini melonjak. Pasokan barang yang diterima pedagang berkurang.

Pantauan Metrotvnews.com, harga cabai merah melonjak dari Rp40 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram (kg). Cabai rawit dijual Rp45 ribu dari sebelumnya Rp35 ribu/kg. Harga cabai hijau Rp40 ribu/kg dari sebelumnya Rp35 ribu/kg.

"Paling mahal harga cabai merah. Karena pasokannya memang lagi sedikit. Padahal kalau hari raya haji begini, permintaan meningkat," ujar Sari pedagang cabai di Pasar Simpang Limun Medan, Minggu (11/9/2016).

Sedangkan, bawang putih dijual Rp32 ribu/kg, bawang merah Rp30 ribu/kg, kentang Rp14 ribu/kg, dan tomat dijual Rp5 ribu/kg.

Sirait, pedagang cabai di Pasar Petisah Medan, juga mengakui adanya kenaikan harga cabai. Meski tak mengetahui secara pasti penyebabnya, namun di hari-hari besar keagamaan melonjaknya harga cabai memang sudah biasa terjadi.

"Permintaan juga tinggi, apalagi orang mau masak daging kurban. Misalnya saja, cabai merah dijual Rp58 ribu/kg, padahal sebelumnya masih dijual Rp40 ribu/kg. Karena lagi kosong baranganya," jelas Sirait.

Tak hanya cabai, harga ikan laut juga ikut melonjak. Seperti udang dijual Rp65 ribu/kg dari biasanya Rp55 ribu/kg, tongkol sisik dijual Rp32 ribu/kg dari sebeumnya Rp28 ribu/kg. 

Sedangkan ikan dencis dijual Rp26 ribu/kg dari biasanya Rp24 ribu/kg. Ikan merah dijual Rp26 ribu/kg dari biasanya Rp24 ribu/kg. Sedangkan gembung kuring dijual Rp33 ribu dari sebelumnya RpRp26 ribu/kg.

"Kalau ikan sudah beberapa hari ini memang mahal. Karena cuaca juga tidak bagus, gelombang tinggi di laut. Sekarang malah harga ayam yang murah," ujar Dodi pedagang ikan di Pasar Simpang Limun Medan.


(SAN)