Kapal Penyeberangan di Danau Toba Segera Dibenahi

Farida Noris    •    Rabu, 04 Jul 2018 19:30 WIB
kapal tenggelam
Kapal Penyeberangan di Danau Toba Segera Dibenahi
Anggota keluarga korban tenggelamnya KM Sinar Bangun berada di lokasi pembuatan monumen. Antara/SIGID KURNIAWAN)

Medan: Angkutan penyeberangan di Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara akan dibenahi pasca insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun. Danau Toba termasuk dalam destinasi wisata nasional yang sangat menjanjikan.

"Bercermin pada peristiwa yang terjadi baru-baru ini, yaitu tenggelamnya KM Sinar Bangun, maka Pemprov Sumut segera melakukan pembenahan," kata Pejabat Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo, Rabu, 4 Juli 2018.

Pelatihan (training) bagi awak kapal maupun nakhoda akan digelar agar angkutan penyeberangan sesuai dengan standar. Awak kapal diharuskan memiliki sertifikasi untuk menghindari kejadian serupa.

Baca: Monumen KM Sinar Bangun untuk Peringatan Penyeberangan

Selain itu, pembenahan juga akan dilakukan di dermaga. Pemprov Sumut juga akan menggandeng pihak swasta untuk membenahi kualitas wisata Danau Toba.

"Kerja sama dengan Singapura untuk memajukan destinasi wisata Danau Toba juga tengah dijajaki. Pemerintah Singapura ingin berinvestasi untuk pengembangan pariwisata," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Hidayati mengatakan, kunjungan wisatawan ke Danau Toba menurun pasca insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun.

"Pesanan pengunjung memang berkurang. Tapi dua hari lalu, ada sekitar 70 orang wisatawan domestik ke sana. Sudah agak pulih," terangnya.

Insiden KM Sinar Bangun dijadikan momen untuk berbenah. Terutama meningkatkan fasilitas sarana angkutan.

"Ini kita jadikan untuk kesiapan membuat SOP yang benar. Kita imbau agar mereka menyiapkan fasilitas yang aman dan nyaman untuk wisatawan," terangnya.

Danau Toba akan kedatangan tim assesor dari Unesco Agustus 2018. Diharapkan Danau Toba, melalui pengakuan Unesco, akan menjadi tujuan wisata berkelas internasional yang layak dan aman untuk dikunjungi.




(SUR)