Juru Sita PN Stabat Dinonaktifkan

Farida Noris    •    Rabu, 30 Aug 2017 14:59 WIB
pungli
Juru Sita PN Stabat Dinonaktifkan
Ilustrasi penangkapan Juru Sita Pengadilan Negeri Stabat, Sumatera Utara. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Medan: Juru Sita Pengadilan Negeri Stabat, Sumatera Utara, yang ditangkap tim Saber Pungli Polda Sumut pada Selasa 28 Agustus 2017 sudah diberhentikan sementara. Surat Keputusan pemberhentian M. Eddy Syahputra sudah terbit.

"SK ditandatangani semalam, tak lama usai penangkapan," kata Humas Pengadilan Tinggi Medan, Bantu Ginting, Rabu 30 Agustus 2017.

Bantu menyebutkan, Eddy Syahputra sudah lama bertugas di PN Stabat. Informasi dari PN Stabat, Eddy merupakan pelaku tunggal dalam kasus ini.

"Informasinya OTT ini terkait eksekusi. Dia pemain tunggal. Tapi yah kita tunggu laporan perkembangan dari polisi," urainya.

PT Medan sudah membentuk tim pemeriksa yang diketuai oleh Wakil Ketua PT Medan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan terhadap pihak yang terkait eksekusi ini.

"Jadi itu biasanya yang terkait eksekusi itu mulai dari Juru Sita, Panitera dan Ketua PN," terang Bantu.

Sebelumnya, Panitera di PN Stabat, Langkat, terjaring operasi tangkap tangan atau OTT di sebuah rumah makan di Stabat, Selasa, 28 Agustus 2017. OTT itu dilakukan tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Polda Sumut.

Ada sejumlah orang diamankan, termasuk oknum Panitera tersebut. Namun Polda Sumut enggan memberikan keterangan secara detail atas OTT tersebut. Karena masih dalam pemeriksaan oleh pihak kepolisian.


(SUR)