Hari II Greatest Caldera Ride Lintasi Air Terjun Sipiso-piso

Budi Warsito    •    Minggu, 22 May 2016 16:40 WIB
pariwisata
Hari II Greatest Caldera Ride Lintasi Air Terjun Sipiso-piso
Peserta Greatest Caldera Ride 2016 saat melintas di jalanan yang mengitari Danau Toba, Minggu (22/5/2016). Foto: Metrotvnews.com/Budi Warsito

Metrotvnews.com, Kota Parapat: Setelah melahap perjalanan dari Sibolga dan beristirahat di Hotel Niagara Parapat, rombongan peserta Greatest Caldera Ride 2016 (Touring Motor Besar) kembali melanjutkan perjalanannya menuju ke Kota Medan, Minggu, 22 Mei 2016.

Kegiatan dimulai dengan sarapan pagi bersama. Setelah itu, bikers menyiapkan kendaraannya masing-masing sebelum melahap jalur Parapa ke Kota Medan. Sebanyak 170 bikers yang ikut ambil bagian dibagi empat grup. Masing-masing grup diisi 42 orang.

"Di hari kedua ini perjalanan kita membelah pegunungan bukit barisan menuju Kota Medan," kata Ketua Panitia Efrinal Sinaga, Minggu (22/5/2016).

Ia menjelaskan, di hari kedua ini mereka melintasi tempat-tempat wisata seperti Air Terjun Sipiso-piso, Kabanjahe, Pasar Buah Berastagi. "Kita finish di Medan pada pukul empat sore," imbuhnya. 

Sempat Tersendat Hujan

Di hari pertama, para peserta kurang menikmati perjalanan yang ditempuh dari Sibolga ke Kota Parapat. Pasalnya, sejak siang hingga malam hujan terus mengguyur.

"Basah kuyup sampai hotel," ujar Ketua Harian Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Pusat, Ferry Sutedja.

Namun, ia mengakui medan yang mereka tempuh dari Sibolga ke Kota Parapat merupakan jalur yang menarik. Begitu juga dengan tikungan-tikungannya. 

"Tapi kondisi jalan di beberapa daerah rusak. Semoga ke depannya infrastruktur menuju ke Danau Toba lebih baik lagi," ujarnya. 

Kedatangannya ke Danau Toba bukan yang pertama kali. "Danau Toba luar biasa indahnya. Kalau bisa tahun depan acara ini bisa lebih besar lagi. Ini kan upaya untuk memperkenalkan daerah wisata kita," kata dia.

Kegiatan touring ini bertujuan mempromosikan Danau Toba agar menjadi 10 destinasi wisata ternama di Indonesia. Touring ini digagas Komunitas Hiras Halak Hita (H3) dalam kegiatan Toba International Detour dengan branding Wonderful Toba 2016.

Total jarak yang akan ditempuh sekitar 570 kilometer. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui Kementerian Pariwisata yang bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Touring juga diikuti 50 peserta dari komunitas sepeda motor matic Scoopy dan 100 peserta dari komunitas Vespa asal Kota Medan dan Padang Sidimpuan. Bahkan, ada penyandang disabilitas yang mengendarai sepeda motor yang dimodifikasi.


(UWA)