Sebagian Bengkulu Berpotensi Hujan

   •    Jumat, 16 Sep 2016 14:57 WIB
potensi hujan
Sebagian Bengkulu Berpotensi Hujan
Ilustrasi. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com, Bengkulu: Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian wilayah Bengkulu berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Ada empat daerah yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, terutama di wilayah Selatan dan Timur," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Sudiyanto, di Bengkulu, seperti dilansir Antara, Jumat (16/9/2016).

Empat daerah yang berpotensi diguyur hujan tersebut yakni Tais, Kabupaten Seluma, Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, Kepahiang dan Tubei Kabupaten Lebong.

Potensi hujan yang mengguyur empat wilayah ini diperkirakan terjadi hingga Sabtu 17 September pukul 07.00 WIB.

"Hujan di empat wilayah ini juga berstatus hujan lokal, artinya tidak seluruh wilayah di kabupaten itu yang diguyur hujan," ucapnya.

Sementara enam wilayah lainnya di Bengkulu diperkirakan cerah berawan, seperti Kota Bengkulu, Mukomuko, Curup,  Bintuhan, Argamakmur dan Karang Tinggi.

Sudiyanto mengatakan wilayah Bengkulu termasuk daerah yang intensitas hujannya cukup tinggi. Hal ini di satu sisi cukup menguntungkan, terutama untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

"Tapi untuk daerah yang rawan banjir dan longsor perlu meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Selatan menyebutkan intensitas hujan yang tinggi memunculkan sejumlah titik longsor di jalur alternatif Bengkulu-Sumatera Selatan via Manna.

"Ada tiga lokasi longsor yang menimbun badan jalan karena intensitas hujan cukup tinggi, karena itu bersama Dina Pekerjaan Umum kami menyiagakan alat berat," kata Kepala BPBD Kabupaten Bengkulu Selatan, Akhmad Nizar.

(UWA)