Jokowi Targetkan Bandara Silangit Rampung Tahun Ini

Budi Warsito    •    Senin, 22 Aug 2016 10:15 WIB
festival danau toba
Jokowi Targetkan Bandara Silangit Rampung Tahun Ini
Presiden Jokowi di podium saat menyaksikan karnaval budaya Danau Toba, MTVN - Budi Warsito

Metrotvnews.com, Samosir: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi harus segera menuntaskan pengembangan Bandara Silangit, Sumatera Utara. Sebab Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan bandara rampung tahun ini.

Presiden mengatakan semua fasilitas bandara yang berlokasi di Siborong-borong, Kabupaten Tapanulu itu harus kelar tahun ini. Mulai dari landasan pacu hingga terminal. 

Bandara akan menjadi akses wisatawan untuk menikmati keindahan budaya dan panorama Danau Toba. Sebab danau terbesar di Indonesia itu masuk dalam daftar destinasi wisata prioritas.

"Sehingga akan semakin banyak pesawat yang datang ke kawasan Toba. Makin banyak uang yang beredar di sini. Itulah yang akan memberikan kesejahteraan pada masyarakat," kata Presiden saat berkunjung ke Kabupaten Samosir, Minggu (21/8/2016).

Presiden juga meminta pihak terkait segera menyiapkan pengerjaan Jembatan Tano Ponggol. Infrastruktur itu akan mendukung pariwisata karena menghubungkan Pulau Samosir yang berada di tengah danau dengan daratan Sumatera Utara.

"Jembatan Tano Ponggol ini akan dimulai nanti pada tahun 2017. Dan kita harapkan jembatan itu juga bisa diselesaikan maksimal, saya berikan target 2 tahun, karena ini jembatan besar sekali,"‎ tuturnya. 

Kedatangan Jokowi ke kawasan Danau Toba memberikan nuansa baru. Pengembangan Danau Toba menjadi destinasi wisata pun dirasakan masyrakat. Dengan dibangunnya Bandara Silangit, wisatawan lebih cepat menuju ke Kawasan Danau Toba. 

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan masyarakat tak lagi harus menempuh jarak yang jauh dan berjam-jam menuju Jakarta. Yang biasanya ditempuh berjam-jam kini hanya butuh waktu tiga jam saja. 

"Kehadiran tiga maskapai penerbangan, warga Samosir hanya memerlukan waktu sekitar tiga jam tiba di Jakarta. Tadinya memerkukan waktu 10 jam," tandas Rapidin Simbolon. 

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PU dan Perumahan Rakyat dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.


(RRN)