11 Hakim di Sumut Direkomendasikan Kena Semprit

Farida Noris    •    Rabu, 01 Mar 2017 20:32 WIB
komisi yudisial
11 Hakim di Sumut Direkomendasikan Kena Semprit
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) di Sumatera Utara mencapai 160 laporan. Komisi Yudisial (KY) telah mengeluarkan usul penjatuhan sanksi yang didominasi sanksi ringan terhadap 11 hakim terlapor di Sumut.

"Selama 2016, KY menerima keseluruhan laporan pengaduan masyarakat sebanyak 1.682," kata Juru Bicara KY, Farid Wajdi, Rabu 1 Maret 2017. 

Dia mengatakan, Sumut berada pada posisi ketiga terbanyak laporan pengaduan setelah DKI Jakarta dan Jawa Timur. Pada 2015, Sumut juga ada di posisi yang sama dengan jumlah 143 laporan atau sekitar 9,59 persen dari seluruh jumlah laporan yang diterima KY (1491 laporan).

"Untuk periode hingga 31 Januari 2017, Sumut menempati posisi keempat, yaitu sebanyak 9 laporan yang diduga melanggar KEPPH. Sementara daerah tiga teratas secara berturut-turut adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat," terangnya.

Menurut Farid, keseluruhan laporan yang diterima KY akan dianalisis untuk ditelaah dan diidentifikasi apakah laporan tersebut terdapat pelanggaran KEPPH. Apabila ada laporan yang terindikasi pelanggaran KEPPH akan dilakukan pemeriksaan terhadap pelapor, saksi, ahli, dan/atau terlapor. 

"Selama 2016, khusus di wilayah Sumatera Utara, Komisi Yudisial telah memeriksa sebanyak 78 orang yang terdiri dari 8 orang terlapor, 17 orang pelapor, 46 orang saksi, dan 7 orang kuasa pelapor," ucap Farid.

Tak hanya itu, KY juga telah mengusulkan penjatuhan sanksi kepada Mahkamah Agung (MA) terhadap 87 orang hakim terlapor. Di wilayah Sumatera Utara, KY telah mengeluarkan usul penjatuhan sanksi yang didominasi sanksi ringan terhadap 11 orang.

"KY juga menerima pemantauan persidangan dari masyarakat sebagai upaya pencegahan terhadap dugaan pelanggaran KEPPH. Permohonan pemantauan yang masuk ke KY berdasarkan permohonan masyarakat dan inisiatif," beber Farid.


(ALB)