Lima Aplikasi Online Layanan Masyarakat Bakal Diluncurkan di Binjai

Farida Noris    •    Rabu, 29 Mar 2017 15:03 WIB
aplikasi
Lima Aplikasi <i>Online</i> Layanan Masyarakat Bakal Diluncurkan di Binjai
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Binjai: Pemerintah Kota Binjai bakal meluncurkan lima aplikasi online layanan masyarakat. Aplikasi tersebut demi mewujudkan Kota Binjai sebagai smart city (kota pintar).

"Kita sekarang menuju smart city, jadi bagaimana menciptakan masyarakat Binjai yang lebih smart dan melek IT," kata Kasubag Keuangan dan Program Diskominfo Binjai M. Affan di Binjai, Sumatera Utara, Rabu, 29 Maret 2017.

Affan menjelaskan, aplikasi ini lebih melibatkan masyarakat secara langsung pada sejumlah sarana pemerintahan di Kota Binjai. Aplikasi yang akan diluncurkan, pertama e-Masyarakat yang dapat dimanfaatkan warga Binjai untuk melaporkan semua permasalahan secara online. Kedua, e-Musrenbang yaitu aplikasi partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan dari kepala lingkungan hingga pemerintah kota.

"Selanjutnya e-RA, yaitu aplikasi rencana dan anggaran. Ada juga e-Dokter, yaitu aplikasi sistem pendaftaran pasien pada RSUD. e-Perizinan adalah layanan perizinan di bawah pengelolaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Kota Binjai," terang Affan.

Peluncuran kelima aplikasi tersebut rencananya dilangsungkan pada Kamis, 30 Maret 2017. "Setelah diluncurkan, masyarakat tinggal mendownload dari aplikasi play store saja. Untuk e-government, di Bandung dan Surabaya sudah jalan. Sementara, di Sumatera baru di Binjai," ungka Affan.

Adanya aplikasi itersebut, diharapkan keluhan masyarakat bisa ditampung. "Aplikasi ini dipantau langsung oleh Wali Kota Binjai. Masyarakat sudah familiar dengan gadget dan IT, jadi kenapa tidak kita elektronikkan semua untuk memudahkan masyarakat," pungkasnya.


(NIN)