Truk Sewaan Dibawa Kabur Bermodal Kopi Bertabur Obat Tidur

Budi Warsito    •    Rabu, 26 Oct 2016 18:04 WIB
pencurian
Truk Sewaan Dibawa Kabur Bermodal Kopi Bertabur Obat Tidur
Polisi menginterogasi tersangka Jamaluddin, di Mapolres Asahan, Rabu (26/10/2016). Foto: Polres Asahan

Metrotvnews.com, Kisaran: Bermodalkan obat tidur yang dibubuhkan ke kopi, sindikat pencuri truk sewaan di Sumatera Utara bisa menggondol kendaraan bidikan setelah membuat korbannya tertidur. Namun, anggota Polres Asahan menangkap salah satu pelaku pada Selasa, 25 Oktober 2016.

Tersangka Jamaluddin Irawan alias Ayah, 65, menyewa truk sewaan ke Rudi alias Acong, 37, warga Rohil, Riau. Tersangka berdalih ingin membawa bibit sawit dari Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumut. Acong lantas menugaskan Syahrul Hasibuan untuk menyetir.

Di tengah jalan, Jamaluddin dan Syahrul menepi untuk beristirahat sambil minum kopi luwak di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sentang. Syahrul kemudian ke toilet untuk buang air kecil. Kesempatan itu dimanfaatkan Jamaluddin membubuhkan obat tidur ke kopi milik Syahrul. Tak lama, Syahrul tertidur.

Rekan Jamaluddin, Sugiarto alias Lili, datang dan membawa kabur truk. Namun, belakangan polisi mengendus posisi Jamaluddin dan menangkap tersangka di rumahnya di Kelurahan Bandar, Kecamatan Perdagangan, Kabupaten Simalungun. Namun, Sugiarto kabur dan saat ini masih dalam perburuan polisi.

Kasat Reskrim Polres Asahan AKP Bayu Putra Samara mengatakan, dari pengakuan Jamaluddin, Sugiarto mengambil kunci truk dari saku korban.

"Sedangkan obat tidur yang dipakai, dibeli dari salah satu toko obat di Jalan S.M. Raja Medan. Mereka merencanakan aksinya di rumah tersangka Jamaluddin," kata Bayu.

Jamaluddin dijerat Pasal 363 ayat (1)ke-4e KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.


(UWA)