Keluarga Bobby Siapkan Pakaian Motif Ulos untuk Unduh Mantu Putri Jokowi

Farida Noris    •    Selasa, 07 Nov 2017 16:55 WIB
pernikahan kahiyang-bobby
Keluarga Bobby Siapkan Pakaian Motif Ulos untuk Unduh Mantu Putri Jokowi
Penjahit Necis menunjukkan jas bermotif ulos yang akan dikenakan Presiden Jokowi dalam acara unduh mantu pernikahan putrinya, Kahiyang-Bobby, di Medan, Selasa 7 November 2017, MTVN - Farida

Metrotvnews.com, Medan: Pakaian adat motif ulos khas Tapanuli Selatan akan dikenakan Presiden Joko Widodo dan keluarga di pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Pakaian dikenakan di acara unduh mantu di Medan, Sumatera Utara, pada 24 hingga 26 November 2017.

Baca: Bobby Nasution Gelar Pesta 'Ngunduh Mantu' selama Tiga Hari

Keluarga Bobby memesankan pakaian adat untuk keluarga Jokowi di Penjahit Necis di Jalan Pandu Baru, Medan. Sebanyak 33 stel pakaian dijahit di lokasi tersebut. 

"Kostum yang kami kerjakan ini ada sekitar empat jenis yakni beskap, batik, sama kain pelikatnya itu (songket) dan jas," kata Rachman, pekerja di Penjahit Necis, Selasa 7 November 2017.

Dia mengatakan warna hitam menjadi dasar beskap. Motif ulos menambah kesan mewah pada beskap. Sedangkan untuk kain songket yang dikenakan di pinggang dihiasi warna hijau, biru, dan merah. Kain pelikat ini menjadi ciri khas pakaian adat Tapanuli Selatan khusus untuk pria.

"Kostum pakaian ini, dalam tahap perampungan. Kami mendapat pesanan menjahit pakaian kerabat Bobby Nasution, khusus untuk pria sejak 3 bulan lalu. Kain jahitan merupakan kolaborasi songket tenun bercorak khas Tapanuli Selatan, untuk dijadikan jas dan kain pelikat pada acara adat ini," pungkasnya.

Dia mengaku dapat menyelesaikan satu pesanan jas dalam satu hari. Salah satu pakaian yang tengah dalam tahap penyelesaian adalah motif ulos khas Tapanuli Selatan seragam khusus panitia resepsi adat yang akan dikenakan kaum pria saja.

"Batas waktu pengerjaan jahit pakaian diberi waktu hingga 12 November mendatang. Jasa menjahit seragam pakaian sekitar Rp900 ribu tergantung tingkat kerumitan motif dan waktu penyelesaian yang diminta. Namun kami tidak sekaligus berperan sebagai pemasok kain songket," bebernya.

Lihat video:
 


(RRN)