Kota Medan Dihujani Debu Sinabung

Farida Noris    •    Kamis, 27 Jul 2017 18:29 WIB
erupsi sinabung
Kota Medan Dihujani Debu Sinabung
Gunung Sinabung --Foto: MI/ROMMY PUJIANTO--

Metrotvnews.com, Medan: Wilayah Medan dan sekitarnya dihujani debu guguran Gunung Sinabung, Kamis 27 Juli 2017. Debu Sinabung sampai ke willayah Medan disebabkan angin bertiup kencang ke arah Timur dan Tenggara.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika Wilayah I, Syahnan mengatakan angin saat ini memang bertiup kencang hingga ke arah Timur. Karenanya angin tersebut sampai membawa kumpulan debu dari kawasan Karo sampai ke Kota Medan.

"Kalau arah mata anginnya memang mengarah ke Medan. Tapi apakah itu benar debu erupsi Sinabung coba tanyakan ke PVMBG saja ya," ucapnya singkat.

Terpisah, petugas pembantu Pos PVMBG Sinabung Rudra mengatakan, aktivitas gunung Sinabung memang saat ini masih tinggi. Tapi ia menegaskan, erupsi terakhir kali terjadi pada Rabu 26 Juli 2017 dengan tinggi kolom abu 1.600 meter di atas puncak Sinabung.

"Guguran lava memang ada. Tapi erupsi tidak ada terjadi hari ini. Angin di kawasan Sinabung memang berlangsung kencang. Sehingga memungkinkan, debu vulkanik yang sampai ke Kota Medan merupakan sisa dari erupsi gunung tersebut. Bisa saja dari sisa erupsi kemarin terbawa oleh angin. Makanya bisa sampai ke Medan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P) Masrita mengimbau, agar dalam beraktifitas di luar rumah masyarakat supaya menggunakan masker. Jika debu Sinabung sampai terhirup, dikhawatirkan dapat mengganggu pernafasan.

"Kita mengimbau supaya melakukan upaya preventif untuk menggunakan masker. Tapi apabila sampai ada keluhan di masyarakat, supaya segera langsung ke Puskesmas," tegasnya.

Leo salah seorang pengendara mobil usai melakukan transaksi di salah satu bank Jalan Flamboyan Raya, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan mengaku terkejut saat melihat mobilnya ditutupi abu Sinabung.

"Selesai dari bank, saya melihat kondisi mobil sudah ditutupi debu berwarna putih. Setelah saya melihat mobil lainnya, kondisinya sama seperti mobil saya, debunya tipis. Itu debu Sinabung, soalnya sama seperti kejadian sebelumnya, debu sinabung sampai ke Medan," ujarnya. 


(ALB)