Gempa 5,2 SR Guncang Nias

Farida Noris    •    Selasa, 29 May 2018 12:57 WIB
gempa bumi
Gempa 5,2 SR Guncang Nias
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Medan: Gempa tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR mengguncang wilayah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, pada 10.21 WIB, Selasa, 29 Mei 2018. Gempa tersebut dirasakan banyak warga.

"Sesuai dengan informasi dari masyarakat, bahwa banyak warga yang merasakan guncangan gempabumi ini," kata Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rachmat Triyono.

Gempa laut tersebut berpusat di koordinat 1,33 LU dan 97,01 BT. Pusat gempa berjarak 17 kilometer arah barat Kota Lahewa, Kabupaten Nias, pada kedalaman 24 kilometer.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Pulau Nias bagian utara dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI)," katanya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Tepat di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

Rachmat mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan, akan tetapi banyak warga yang merasakan guncangan gempabumi ini.


(SUR)