BMKG Deteksi 12 Titik Panas di Sumut

Farida Noris    •    Senin, 31 Jul 2017 18:41 WIB
kebakaran lahan dan hutan
BMKG Deteksi 12 Titik Panas di Sumut
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mencatat ada 12 titik panas atau hot spot di Sumatera Utara. Titik panas yang tersebar di sejumlah wilayah Sumut ini naik drastis dalam sepekan terakhir.

Kabid Data & Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan mengatakan, hot spot tersebar di Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, dan Toba Samosir. 

"Dari hasil pantauan Sensor MODIS (Satelit Terra dan Aqua), ada 12 titik panas yang tersebar di Sumut dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen. Sebelumnya, hot spot hanya ada 4 titik di Sumut," kata Syahnan, Senin 31 Juli 2017.

Selain itu, suhu udara pada siang hari, kata Syahnan mencapai 34 derajat celcius dengan kecepatan angin 80 km/jam. Hujan masih terjadi terutama pada malam hari, akan tetapi intensitasnya menurun.

"Titik panas mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan di Sumut. Kita kembali mengimbau masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan sehingga menyebabkan kebakara hutan. Selain itu tetap waspada terjadinya kebakaran," ujarnya.

Terpisah, Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Muhammad Yunus mengatakan dari Januari hingga Juli 2017, kebakaran yang terjadi di Kota Medan mencapai 84 kejadian dan pohon tumbang ada 10 kejadian. 

"Kebakaran besar menghanguskan 41 unit rumah di Jalan Prof HM Yamin, tepatnya di Lingkungan VIII dan IX, Kelurahan Sei Kera Hilir, Kecamatan Medan Perjuangan pada Kamis 20 Juli 2017 kemarin. Tim BPBD sudah menyerahkan bantuan buat korban," bebernya.



(ALB)