Banjir Belitung Putus Aliran Listrik Puluhan Ribu Pelanggan

Rendy Ferdiansyah    •    Senin, 17 Jul 2017 11:09 WIB
banjir
Banjir Belitung Putus Aliran Listrik Puluhan Ribu Pelanggan
Banjir yang melanda di Belitung Timur, Bangka Belitung memutus sejumlah jalan dan jembatan, Minggu (16/7/2017). (Media Indonesia/Rendy Ferdiansyah)

Metrotvnews.com, Belitung: Banjir di kabupaten Belitung Timur (Beltim), Bangka Belitung tak saja berdampak pada kerusakan rumah dan infrastruktur jalan. Instalasi listrik PLN juga tak luput dari genangan.

Sedikitnya, 10 unit feeder padam dan 556 trafo terendam air. Dampaknya, 28 ribu pelanggan di Beltim harus mengalami pemadaman listrik. 

Baca: Korban Banjir Belitung Timur Butuh Perlengkapan Sekolah

Sementara di wilayah Bangka, tercatat 38 trafo terendam banjir. Angin kencang dan banjir juga merusak dua unit feeder. Hal ini mengakibatkan terputusnya aliran listrik untuk 3.000 pelanggan di wilayah itu. 

"PLN sedang melakukan perbaikan dan pemulihan aliran listrik secara bertahan di Beltim dan Bangka yang terdampak banjir," kata General Manager (GM) PLN Wilayah Bangka Belitung, Suciana, dikutip Media Indonesia di Belitung, Senin, 17 Juli 2017.

Dia meminta masyarakat ikut melapor bila menemukan jaringan listrik terendam banjir. Suciana mengaku perbaikan jaringan listrik kali ini cukup menantang. Lantarannya, sejumlah jalan dan jembatan di Bangka Belitung putus karena banjir.

Baca: Cuaca Ekstrem Sebabkan Banjir Belitung dan Belitung Timur

Banjir terjadi lantaran hujan terjadi sejak Jumat 15 Juli 2017. Dua hari berikutnya, banjir meluas ke empat dari semula tiga kecamatan. Banjir memutus infrastruktur jembatan dan jalan.




(SAN)