Enam Calhaj Embarkasi Batam Dirawat di KKHI Saudi

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 07 Aug 2017 17:09 WIB
haji 2017
Enam Calhaj Embarkasi Batam Dirawat di KKHI Saudi
Calon haji memeriksakan kesehatannya di Klinik Asrama Haji Batam, Senin, 7 Agustus 2017. (Metrotvnews.com/Anwar Sadat)

Metrotvnews.com, Batam: Sebanyak enam calon haji (calhaj) asal Embarkasi Batam, Kepri, menjalani perawatan intensif di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Arab Saudi. Mereka jatuh sakit setelah tiba di Madinah. 

Keenam calhaj tersebut, masing-masing, Kloter 1 (Kepri) yakni, Niklan Haraini Nasir, 59; Muh Zuaib, 65; Misrin Darussukromo, 65; Sukma Hadaini, 56. Kloter 3 (Riau) atas nama: Sri Kristawati binti Zaenal, dan Kloter 6 (Riau) yakni Samidi Citrosantoso. 

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Subadi, tidak dapat menjelaskan secara rinci sakit yang dialami keenam calhaj tersebut. Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hanya menyebutkan bahwa status keenam orang itu sakit.

"Untuk detailnya sakit apa, datanya ada di KKHI Arab Saudi," ujar Subadi saat ditemui Metrotvnews.com di Asrama Haji Batam, Senin, 7 Agustus 2017.

Subadi menambahkan, dari pengalamannya menunaikan ibadah haji, obat-obatan dan peralatan di KKHI di Madinah, Arab Saudi, terbilang lengkap. Ada juga beberapa dokter yang selalu siaga, terutama dokter umum.

"Jika kondisi jemaah masih dapat ditangani di KKHI, maka akan ditangani oleh tim dokter kita, tetapi jika membutuhkan penanganan serius dari dokter spesialis maka akan dirujuk ke rumah sakit setempat," tambahnya.

Ia menjelaskan, saat ini Embarkasi Batam telah memberangkatkan 3.581 calhaj ke Arab Saudi. Mereka terbagi dalam 8 kloter yang berasal dari Provinsi Kepri dan Riau. Hari ini giliran Kloter 9 asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah.

"Malam nanti, sekira pukul 22.30 akan sebanyak 448 jemaah asal Rohul akan diberangkatkan ke Madinah. Satu orang yang sebelumnya tertunda keberangkatannya karena sakit, yakni Miswan Dahlan Rejo akan bergabung di kloter ini. Alhamdulillah kondisinya sudah membaik dan laik terbang," pungkas Subadi.

Saeruddin, 51, jemaah calhaj asal Rohul mengaku siap menunaikan ibadah haji tahun ini. Ia bahkan telah menjalani tes kesehatan yang dilakukan PPIH Embarkasi Batam. 

Sebagai antisipasi selama di Arab Saudi, ia dan istrinya sengaja membawa beberapa obat, di antaranya obat demam, pilek, dan diare.


(SAN)