Napi Narkoba Lapas Tanjung Gusta Kabur

Farida Noris    •    Rabu, 19 Apr 2017 13:20 WIB
tahanan kabur
Napi Narkoba Lapas Tanjung Gusta Kabur
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/M Rizal)

Metrotvnews.com, Medan: Seorang narapidana narkoba kabur dari Lapas Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara, Rabu 19 April 2017. Narapidana bernama Rasidin alias Jalidin Bin Jali ini kabur dengan cara menggergaji ventilasi lubang angin ruang sel.

"Benar, ada satu orang napi yang kabur dari Lapas Tanjung Gusta. Kita perkirakan, napi ini kabur pada dini hari. Kita baru mengetahui saat dilakukan pemeriksaan" kata Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Tanjung Gusta, Muda Husni.

Jalidin yang baru menjalani tiga tahun penjara dari vonis 14 tahun ini kabur dari Blok T 5 lantai 2 kamar M16 yang dihuninya dengan cara menggergaji ventilasi atas ruang sel. Lalu Jalidin menggunakan kayu untuk mendorong besi ventilasi dan meloncat ke bagian belakang lapas.

"Petugas menemukan gergaji dan balok. Kami lihat ada potongan jeruji besi, besinya memang agak berkarat, ada juga potongan teralis dua batang, potongan sisa kain yang digunakan untuk turun ke bawah, dia turun dari belakang," terangnya.

Husni menjelaskan, kondisi pengamanan lapas saat itu sudah baik. Hanya saja mereka kekurangan petugas. Saat kejadian, hanya ada satu orang petugas yang berjaga. Padahal idealnya jumlah petugas 3-5 orang per lantai.

"Memang kami kurang petugas. Kami sudah lakukan pemeriksaan internal penyisiran ke TKP, ke kawan sekamarnya, tapi tidak ada yang mengetahui. Barusan saya langsung koordinasi ke kapolsek. Petugas masih melakukan penyelidikan," terang Husni.


(SAN)