BPJS Ketenagakerjaan Sisipkan Pesan Jaminan Sosial di Hari Mendongeng

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 28 Nov 2017 14:17 WIB
bpjs ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan Sisipkan Pesan Jaminan Sosial di Hari Mendongeng
Sekira 100 anak sekolah dasar dari 5 sekolah mengikuti Hari Mendongeng Nasional yang diadakan BPJS Ketenagakerjaan di Kepri Mall, Batam, 28 November 2017, MTVN - Anwar

Batam: BPJS Ketenagakerjaan menggelar kegiatan di Batam, Kepulauan Riau, dalam rangka memperingati Hari Mendongeng Nasional. Peserta acara, yang terdiri dari anak-anak, diajak untuk bermain dan belajar bersama.

Acara berlangsung di Kepri Mall, Kota Batam, Selasa, 28 November 2017. Sebanyak 100 siswa dari 5 SD di Batam mengikuti kegiatan tersebut.

"Dengan harapan nantinya generasi muda Indonesia ini dapat tumbuh menjadi pekerja atau pengusaha yang memahami benar pentingnya jaminan sosial dalam kehidupan sehari-hari," kata Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan, Evi Afiatin, seusai membuka acara di Kepri Mall.
 
Evi mengatakan kegiatan itu bermula dari Jakarta. Dalam kegiatan itu, BPJS Ketenagakerjaan membagikan buku pelengkap kurikulum. BPJS Ketenagakerjaan pun menyisipkan pesan soal jaminan sosial.

“Jaminan Sosial sangat penting untuk diketahui oleh anak-anak sejak dini, sehingga mereka akan memiliki pengetahuan tentang jaminan sosial saat tumbuh dewasa, baik sebagai pekerja ataupun pengusaha," kata Evi. 

Acara yang juga dihadiri unsur muspida Kota Batam ini juga menyediakan permainan atau games profesi yang diikuti anak-anak untuk melatih keterampilan mereka dalam bekerja. 

Mereka juga berkesempatan berbincang dan bertanya kepada petugas dari institusi/lembaga yang turut berpartisipasi di acara ini, antara lain; Dinas Pemadam Kebakaran, RS Awal Bros, Satlantas Polresta Barelang, PT Pos Indonesia, dan Dinas Lingkungan Hidup.

Acara yang bertemakan BPJS Ketenagakerjaan Mendongeng ini kemudian ditutup dengan penyematan PIN Duta Cilik BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta secara simbolis.

“Kami akan terus mengembangkan acara-acara seperti ini, dan terus berusaha untuk menyalurkan informasi Jaminan Sosial kepada seluruh lapisan masyarakat, agar kesadaran berjaminan sosial semakin tinggi," tambah Evi.

Selain itu, kata dia, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk bergembira bersama anak Indonesia yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-40 BPJS Ketenagakerjaan yang ke 40.

Selain buku, BPJS Ketenagakerjaan juga memuat beberapa video edukasi mengenai Jaminan Sosial untuk siswa sekolah yang bisa langsung ditonton di channel Youtube resmi BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami harap semangat anak-anak dalam belajar dapat membuahkan hasil yang positif dan berguna bagi kemajuan bangsa dan negara," pungkas Evi.

Deputi Direktur Bidang Humas & Antar Lembaga, BPJS Ketenagakerjaan, Ade R Adityawarman menambahkan, selain kegiatan mendongeng, dalam rangka menyambut HUT BPJS Ketanagakerjaan pada 5 Desember 2017, BPJS Ketenagakerjaan juga menggelar pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Kota Batam. 

Kegiatan tersebut merupakan satu bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). "Pelatihan K3 tersebut di ikuti oleh 122 orang yang terdiri dari perwakilan perusahaan di lingkungan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya," ujar Ade. 

Pelatihan  berlangsung di Hotel Harmoni One, dan di buka langsung Direktur Keuangan  BPJS Ketenagakerjaan, Evi Aviatin di dampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti. 



(RRN)