Gempa 4,4 SR Guncang Aceh Barat

Antara    •    Selasa, 17 Oct 2017 22:21 WIB
gempa bumi
Gempa 4,4 SR Guncang Aceh Barat
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Aceh: Gempa tektonik berskala 4,4 skala richter (SR) menguncang wilayah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Selasa, pukul 20.30 WIB. Guncangan dirasakan sejumlah masyarakat seperti di wilayah Kecamatan Johan Pahlawan, meski hanya terhitung sekitar tiga detik.

"Saya kebetulan lagi istirahat di rumah, tiba-tiba terasa seperti berayun sekitar tiga detik dan saya lihat lampu yang tersangkut bergoyang, saya sadar bahwa itu gempa," kata Agus, salah seorang warga Desa Blang Beurandang, kepada Antara, Selasa 17 Oktober 2017.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut pusat gempa terjadi di koordinat berada lokasi 3.78 Lintang Utara (LU), 96.01 Bujur Timur (BT) di laut, 65 kilometer Barat Daya Kabupaten Nagan Raya, Aceh, kedalaman 23 km.

Beberapa warga yang tinggal di Kabupaten Nagan Raya yang ditanyai mengaku merasakan getaran gempa tersebut walaupun hanya sesaat dan tidak begitu kuat. Hingga kini belum diketahui dampak gempa tersebut terhadap infrastruktur bangunan rusak ataupun tidak.

Gempa tektonik tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami. Hingga satu jam berselang, belum ada laporan masyarakat yang panik maupun mengalami kerugian materil di wilayah Aceh Barat.


(SUR)