Tiga Pasangan Calon Independen Pilgub Aceh belum Penuhi Syarat Dukungan

Nurul Fajri    •    Kamis, 15 Sep 2016 16:41 WIB
pilkada
Tiga Pasangan Calon Independen Pilgub Aceh belum Penuhi Syarat Dukungan
Rapat KIP bahas Pilgub Aceh, MTVN - Nurul Fajri

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar rapat pleno rekapitulasi syarat dukungan bagi pasangan bakal calon independen yang maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017, Kamis 15 September. Pasangan Zaini Abdullah-Nasaruddin mengantongi syarat dukungan terbanyak.

Dalam rapat, KIP Aceh dan seluruh Komisioner KIP Kabupaten/Kota menyampaikan hasil verifikasi faktual yang telah dilakukan oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS) dari seluruh Aceh. 

Hasil verifikasi faktual yang telah dilakukan di tingkat kecamatan, pasangan dengan akronim Azan ini mengantongi 138.594 KTP. Sehingga pasangan ini masih kekurangan 14.451 lembar KTP.

Sementara pasangan Zakaria Saman-T. Alaidinsyah, KIP Aceh mendata dukungan yang sah sebesar 73.152 lembar KTP. Bakal calon ini mengalami kekurangan sebanyak  79.893 lembar dan diharuskan mengumpulkan 159.786 lembar lagi untuk memenuhi syarat minimal yang ditentukan KIP.

Lalu pasangan Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab mengantongi 73.628 dukungan sah atau diharuskan menambah 160ribu dukungan lagi.

"Dari ketiga calon perseorangan tersebut belum memenuhi syarat dukungan yang disebutkan oleh KIP," kata Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi.

Ridwan mengatakan ketiga bakal pasangan calon harus melengkapi syarat dukungan paling telat 1 Oktober. KIP Aceh telah menjadwalkan masa perbaikan syarat dukungan dimulai sejak 29 September hingga 1 Oktober. Setelah itu pihak penyelenggara akan kembali melakukan verifikasi faktual untuk dokumen dukungan tambahan para pasangan calon.

Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Panwaslih Aceh, tim sukses pasangan Zakaria Saman-T Alaidinsyah, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab, dan dr Zaini Abdullah-Nasaruddin,  Panwaslih Aceh, dan anggota panwaslih se-Aceh.


(RRN)