NasDem Sodorkan Tiga Nama Calon Gubernur Riau

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 17 Oct 2017 18:42 WIB
pilkada 2018
NasDem Sodorkan Tiga Nama Calon Gubernur Riau
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Pekanbaru: DPW NasDem Riau merekomendasikan tiga nama calon Gubernur Riau ke DPP NasDem. Berkas ketiga calon tersebut saat ini dalam tahap verifikasi oleh pengurus NasDem Riau. 

"Ada tiga nama calon gubernur yang akan kami ajukan ke DPP. Nantinya DPP yang memutuskan satu calon yang akan diusung oleh Partai NasDem dalam Pilgub Riau 2018 mendatang," ungkap Ketua Bidang Publikasi dan Komunikasi Media DPW NasDem Riau, Fitra kepada Metrotvnews.com, Selasa 17 Oktober 2017. 

Ketiga nama calon gubernur tersebut, kata Fitra, sementara ini memperoleh hasil survei tertinggi yang dilakukan oleh lembaga survei yang telah bekerja sama dengan NasDem. 

"Saat ini, tahap verifikasi berkas para calon gubernur dan calon wakil gubernur sedang berlangsung. Tiga nama segera akan kita rekomendasikan. Tim verifikasi sedang bekerja mengecek kelengkapan berkas ketiga calon tersebut," kata Fitra. 

Sebelumnya, ada 9 nama calon gubernur dan 3 nama calon wakil gubernur yang mengambil formulir ke NasDem. Dari 12 nama tersebut dikerucutkan menjadi tiga nama bakal calon gubernur. 

Sembilan nama calon gubernur yang mengambil formulir di NasDem, di antaranya Arsyadjuliandi Rahman (petahana), Syamsuar (Bupati Siak), Muhammad Haris (Bupati Pelalawan), Lukman Edy (anggota DPR RI), dan Edy Tanjung (anggota DPP RI).

Fitra enggan menyebut tiga nama calon gubernur Riau 2018 yang direkomendasikan ke DPP NasDem. "Belum bisa kami sebutkan sekarang. Biar nanti DPP yang memutuskan," ujarnya. 

NasDem meraih 3 kursi di DPRD Riau. Sesuai persyaratan, minimal parpol mendapatkan 13 kursi di DPRD Riau jika ingin mengusung bakal calon gubernur dan wakil gubernur. NasDem membuka peluang koalisi dengan PDIP. Hanya Golkar yang meraih 13 kursi di DPRD Riau. 

"Koalisi dengan partai-partai tersebut sangat dimungkinkan. Kami bahkan makin intensif berkomunikasi untuk bersama-sama mengusung calon," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Asri Auzar mengatakan, saat ini lembaga survei yang bekerja sama dengan Partai Demokrat sedang menyurvei delapan calon gubernur dan tiga calon wakil gubernur Riau yang mendaftar ke DPD Demokrat Riau. 

"Survei akan berlangsung selama dua pekan ke depan. Dan kita berharap hasilnya sudah ada sebelum akhir bulan ini. Siapapun yang meraih survei tertinggi maka dialah yang akan direkomendasikan oleh DPD, " ujarnya.

Delapan nama calon gubernur tersebut, yakni Arsyadjuliandi Rahman, Muhammad Haris, Syamsuar, Achmad (mantan Bupati Rohul 2 periode), Firdaus (Wali Kota Batam), Lukman Edy, Edy Tanjung, Alfajri (dosen di Universitas Tabrani Riau).

Soal koalisi, kata Asri, partainya juga sudah menjalin komunikasi dengan beberapa partai, di antaranya PAN, Gerindra, Golkar, PKS, PPP dan beberapa partai lainnya. "Kami terbuka untuk berkoalisi dengan partai manapun," pungkasnya. 


(ALB)