IDI Sumut Siapkan 50 Dokter Cek Kesehatan Calon Kepala Daerah

Farida Noris    •    Selasa, 09 Jan 2018 15:44 WIB
pilkada serentak
IDI Sumut Siapkan 50 Dokter Cek Kesehatan Calon Kepala Daerah
ilustrasi Medcom.id

Medan: Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Utara (Sumut) membentuk tim yang akan memeriksa kesehatan calon kepala daerah (Pilkada) Sumut 2018. 

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada Sumut 2018 Ramlan Sitompul mengatakan ada sekitar 50 dokter ahli akan melakukan pemeriksaan pada Kamis 11 Januari hingga Senin 14 Januari mendatang.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSUP Haji Adam Malik karena sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) disebutkan pemeriksaan dilakukan di RS Kelas A. Jadi RS Adam Malik satu-satunya di Sumut," kata Ramlan, Selasa, 9 Januari 2018.

Tahapan pemeriksaan kesehatan akan dilakukan terhadap indra penglihatan, pendengaran, penciuman, urologi, bedah, jantung dan pemeriksaan penunjang seperti treatment Elektrokardiogram (EKG). Pemeriksaan juga melibatkan psikologi dari Perhimpunan Psikologi dan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk pemeriksaan bebas narkoba. 

"Pemeriksaan melibatkan BNN dan psikologi ini sesuai dengan peraturan baru KPU. Tentunya pemeriksaan kesehatan ini, berbeda dengan lima tahun lalu. Menurut kita RS sebenarnya sudah lengkap. Namun karena ini peraturan KPU, kita patuhi peraturannya sesuai kebutuhan KPU, " terangnya.

Ramlan memaparkan, pemeriksaan kesehatan dibagi dua hari yakni untuk Cagub dan Cawagub pada 11 dan 12 Januari. Sedangkan untuk Cabup dan Cawabup dilakukan pada 13 dan 14 Januari.

"Sebelum ke rumah sakit pukul 07.00 WIB, para calon diminta minum air putih dua gelas. Selanjutnya pemeriksaan pada hari kedua untuk darah, urine termasuk oleh BNN, penyakit dalam dan kesehatan jiwa," kata Ramlan.



(ALB)