Sakit Jiwa, Terdakwa Perkara Narkoba Akhirnya Dibantarkan ke RSJ

Farida Noris    •    Senin, 17 Jul 2017 18:08 WIB
kasus narkoba
Sakit Jiwa, Terdakwa Perkara Narkoba Akhirnya Dibantarkan ke RSJ
Budi Bewok saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Medan, Kamis (13/7/2017). (Metrotvnews.com/Farida)

Metrotvnews.com, Medan: Majelis hakim Pengadilan Negeri Medan akhirnya mengeluarkan penetapan pembantaran Budi Santoso alias Budi Bewok, 37, warga Jalan Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Sumatera Utara, Senin 17 Juli 2017.

"Setelah melihat kondisi terdakwa dan juga surat dari rumah sakit jiwa, majelis hakim menyatakan terdakwa tidak bisa mengikuti proses sidang," kata Ketua Majelis Hakim, Aswardi saat membacakan penetapan di ruang Cakra V, Pengadilan Negeri Medan..

Namun jika nantinya kondisi kejiwaan terdakwa normal kembali, kata hakim, persidangan perkara narkoba itu akan dilanjutkan.

"Jadi pembantaran ini tidak memiliki batas waktu. Jika sudah bisa mengikuti sidang akan kita lanjutkan sidangnya," ujar hakim di hadapan terdakwa serta Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sri Lastati sembari mengetuk palunya.

Baca: Jaksa Sumut Tetap Tuntut Terdakwa Sakit Jiwa

Selama pembacaan penetapan pembantaran, terdakwa terus tertawa. Bahkan, saat hendak diboyong kembali ke mobil tahanan, terdakwa sempat mengeluarkan ancaman.

"Kalau enggak dimasukkan aku ke rumah sakit jiwa. Ku bunuh orang ini mak," kata terdakwa kepada ibunya yang mendampinginya.

Budi Santoso alias Budi Bewok merupakan tangkapan Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut. dia didakwa melanggar Pasal 114 ayat 2 sub 112 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dia dititipkan Jaksa ke Rutan Tanjung Gusta Medan pada 4 Mei 2017 lalu.

Selama proses penyidikan hingga pelimpahan tahap dua dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut ke Kejati Sumut kondisi Budi Bewok masih normal. Namun perubahan sikap Budi Bewok, baru terlihat pada sidang ketiga.

Sebelumnya, Kasi Penkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian, mengatakan sidang beragenda pembacaan tuntutan terdakwa Budi Santoso alias Budi Bewok akan digelar pada Kamis 20 Juli 2017. Persidangan tetap digelar lantaran sebelumnya majelis hakim tak mengeluarkan penetapan pembantaran terdakwa Budi.



(ALB)