Kapolda Sumut Tambah Personel di Pos Rawan

Farida Noris    •    Kamis, 10 May 2018 12:47 WIB
kerusuhan penjara
Kapolda Sumut Tambah Personel di Pos Rawan
Suasana dalam Mako Brimob Depok, Jawa Barat, Kamis 10 Mei 2018, MI - Rommy Pujianto

Medan: Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw melakukan inspeksi mendadak kepada seluruh personel pada Kamis, 10 Mei 2018. Itu dilakukan untuk mengatasi kerawanan yang terjadi setelah kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat.

Paulus mengatakan sidak untuk melihat kesiapsiagaan anggota untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab. "Selain itu, untuk mengantisipasi kejadian serupa yang terjadi di Rutan," ujar Paulus di Medan, Kamis, 10 Mei 2018.

Baca: Usai Kerusuhan, Mako Brimob Dijaga Ketat

Ia juga meminta anak buahnya mengantisipasi kelompok yang tak puas dengan aturan negara, pemimpin, dan institusi. Sehingga kelompok itu memberontak. Paulus menginstruksikan penambahan personel di pos-pos yang dianggap rawan. 

Lokasi yang ditinjau antara lain seputaran Mapolda Sumut berlanjut ke Polres Deli Serdang kemudian Polsek Tanjung Morawa dan Mako Brimob Polda Sumut. Saat sidak, Kapolda Sumut memberikan makanan kurang lebih 100 nasi goreng dan mie goreng kepada pos-pos penjagaan yang dikunjungi.

Dua hari lalu, kerusuhan terjadi antara narapidana dan polisi di Mako Brimob. Lima polisi dan satu narapidana tewas dalam kejadian tersebut. Kerusuhan berakhir pada Kamis pagi ini.


(RRN)