Mabes Polri Beri Atensi pada Pilkada Tanjungpinang 2018

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 05 Apr 2018 17:01 WIB
pilkada serentak
Mabes Polri Beri Atensi pada Pilkada Tanjungpinang 2018
Waketbidkerdianmas Lemdiklat Mabes Polri Brigjen Pol Fiandar memantau kesiapan KPU Tanjungpinang menyelenggarakan Pilkada Kota Tanjungpinang 2018, di Kantor KPU Tanjungpinang, Kamis, 5 April 2018.

Batam: Mabes Polri memberi atensi terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tanjungpinang, 27 Juni 2018. Mabes Polri mengutus Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri, Brigjen Pol Fiandar untuk mengecek kesiapan KPU dan memastikan tahapan pilkada berjalan lancar. 

Kedatangan Brigjen Pol Fiandar juga sekaligus untuk memastikan sistem pengamanan di Tanjungpuinang selama masa Pilkada yang dimulai Oktober 2017 hingga berakhirnya masa tahapan pilkada nanti. 

Kunjungan Fiandar ke Kantor KPU disambut oleh Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria. Fiandar datang bersama beberapa anggota Polri dengan seragam lengkap. Robby mengatakan, di Kantor KPU Tanjungpinang, rombongan meninjau ruang perkantoran KPU, termasuk ruang program data yang saat ini sibuk melaksanakan proses perbaikan data. 

"Pak Fiandar menyampaikan agar KPU menyediakan back-up data untuk antisipasi jika terjadi masalah, seperti kebakaran dan lainnya. Kami di KPU telah memiliki back-up data di server KPU RI yang dapat dilihat secara daring," ungkap Robby kepada Medcom.id, Kamis, 5 April 2018. 

Selain untuk memastikan tahapan pilkada aman dan lancar, Fiandar juga berharap agar segala isu yang mulai memanas menjelang pilkada agar segera ditindaklanjuti dan berkoordinasi dengan instansi terkait. 

Bahkan jika ada komunikasi yang tidak lancar dengan instutusi atau instansi terkait, Fiandar meminta agar KPU dapat menghubungi dirinya. "Hubungi saya jika ada komunikasi yang tidak lancar," pesannya. 

Robby menyatakan bahwa sejauh ini hubungan Polres Tanjungpinang dengan penyelenggara pilkada, seperti KPU dan Panwaslu cukup baik. Komunikasi yang dilakukan pun lancar. "Semua masih on the track," kata Robby. 

Ia menambahkan, tahapan penting yang akan dilaksanakan KPU Tanjungpinang adalah pentas kebudayaan di TCC Tanjungpinang, pada 21 April  2018. KPU mengundang seluruh partai politik peserta Pemilu 2019 untuk hadir. 

"Keesokan harinya, yakni 22 April 2018, KPU Tanjungpinang menyelenggarakan Debat Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018 putaran pertama," pungkasnya. 

Sekadar diketahui, kunjungan Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri, Brigjen Pol Fiandar ke Tanjungpinang merupakan kunjungan yang kedua kalinya. Kunjungan pertama berlangsung pada Februari 2018. Saat itu, Mabes Polri mengundang KPU Tanjungpinang hadir di Polres Tanjungpinang untuk membahas kesiapan pilkada dan sistem pengamanan Pilkada Tanjungpinang 2018. 


(ALB)