Hampir 4 Bulan Blangko e-KTP di Disdukcapil Asahan Tak Tersedia

Budi Warsito    •    Selasa, 13 Sep 2016 17:07 WIB
e-ktp
Hampir 4 Bulan Blangko e-KTP di Disdukcapil Asahan Tak Tersedia
Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Foto: MTVN/Budi Warsito)

Metrotvnews.com, Kisaran: Blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, masih kosong. Ketidaktersediaan blangko e-KTP sudah terjadi sejak Juni 2016.

Hal itu dibenarkan seorang petugas D‎isdukcapil Asahan di ruang Kepala Bidang Pencatatan. Ia berupaya menjelaskan pada warga yang hendak mengajukan pembuatan e-KTP.

"Petugasnya bilang blangko mereka kosong. Saya datang menanyakan e-KTP saya sudah selesai apa belum. Tapi disuruh ajukan lagi," kata Iwan, warga Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, di kantor Disdukcapil Kabupaten Asahan, Selasa (13/9/2016).

Sementara itu, saat Metrotvnews.com hendak mengonfirmasikan pada Kepala Dinas Disdukcapil Asahan M Rais tidak ada di tempat. Demikian juga Sekretaris Disdukcapil Asahan Zulkarnain Nasution.

Saat mengonfirmasi via telepon, ponsel kedua pimpinan di Disdukcapil Asahan itu pun tidak aktif. Pesan melalui aplikasi WhatsApp yang dikirimkan ke Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Asahan hanya dibaca namun tak dijawab.

Kondisi ini tentu meresahkan warga Asahan yang hendak membuat e-KTP. Mengingat batas waktu yang ditentukan Kementerian Dalam Negeri untuk merekam data e-KTP harus rampung pada akhir September 2016.


(TTD)