Target Pembangunan LRT Sumsel Terancam Molor

Alwi Alim    •    Selasa, 01 Aug 2017 15:33 WIB
proyek lrt
Target Pembangunan LRT Sumsel Terancam Molor
Gubernur Sumsel mendatangi lokasi steel box proyek LRT jatuh, MTVN - Alwi

Metrotvnews.com, Palembang: Pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan terancam molor. Sebab steel box atau tempat rel LRT jatuh.

Baca: Dua Rumah Tertimpa Steel Box LRT di Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan kejadian itu merupakan musibah. Peristiwa itu terjadi lantaran tanah ambles. Alat berat crane tak mampu mengangkut steel box hingga akhirnya jatuh.

Sedianya, proyek rampung pada akhir 2017. Namun kejadian itu diprediksi memperlambat target.

"Ya mau bagaimana lagi jika memang terhambat. Tapi, kami akan meminta agar pembangunan LRT ini dipercepat nantinya," kata Alex Noerdin di sela kunjungan ke lokasi kejadian di Palembang, Selasa 1 Agustus 2017.

Alex mengatakan pengerjaan proyek sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Tapi beberapa rumah masih dihuni di sekitar lokasi. Seharusnya rumah itu kosong. Sehingga, saat kejadian, steel box jatuh dan menimpa rumah.

Lantaran itu, petugas meminya pemilik rumah meninggalkan lokasi hingga pembangunan LRT kelar.  

Sebelumnya pihaknya juga sudah memberitahukan untuk mengosongkan sementara rumah mereka karena ada pembangunan LRT tapi tetap saja ditinggali warga. 

"Ini merupakan musibah, bahkan baru kali ini terjadi padahal sudah berjalan selama 1,5 tahun," ungkapnya. 

Sejauh ini pihaknya juga menunggu laporan dari Polresta apakah ada kelalaian dari kejadian ini. Untuk ganti rugi nantinya ia berjanji akan meminta kepada pihak terkait. 

"Untuk korban sendiri ada tiga orang yang dibawa kerumah sakit tapi sekarang sudah boleh pulang dan rawat jalan," pungkasnya. 



(RRN)